"Drama" Perjalanan Kasus Lili Pintauli, Sosok Yang Mundur Dari Wakil Ketua KPK

"Drama" Perjalanan Kasus Lili Pintauli, Sosok Yang Mundur Dari Wakil Ketua KPK Kredit Foto: Viva

Nama Lili Pintauli menjadi sorotan publik usia beliau mengundurkan diri kursi wakil ketua KPK. Ada beberapa dugaan Lili Pintauli mengundurkan diri dari posisinya tersebut. Surat pengunduran Lili Pintauli pun sudah diterima Presiden Joko Widodo serta sudah ditandatangani Keppres terkait kasus pemberhentian Lili Pintauli. 

Siapakah Lili Pintauli? Lili Pintauli adalah seorang advokat. Lili Pintauli menjabat sebagai Wakil Ketua KPK dari tahun sejak 2019. Sebelum menjadi berada di posisi sekarang, Lili pernah menjabat sebagai Komisioner di Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Pun Lily satu-satunya perempuan yang menempati jajaran pemimpin lembaga antirasuah periode 2019-2023.

Lantas, seperti apa ya perjalanan "drama" Lili Pintauli sampai akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya? 

  • Diduga menerima fasilitas serta akomodasi menonton gelaran MotoGP Mandalika pada Maret 2022.

Dugaan kuat terkait pengunduran diri Lili Pintauli adalah adanya dugaan menerima fasilitas serta akomodasi menonton gelaran MotoGP Mandalika pada Maret 2022 tempo lalu. 

Baca Juga: Surat dari Jokowi ini Gugurkan Sidang Pelanggaran Etik Lili Pintauli, Berikut Faktanya

Baca Juga: Surat Pengunduran Lili Pintauli Sudah Diteken Presiden, Begini Faktanya

Lili Pintauli diduga menerima tiket motoGP dan sejumlah fasilitas saat acara tersebut berlangsung. Dewas KPK telah menyelidiki kasus tersebut dan menemukan bukti-bukti yang berhubungan dengan kasus ini.

  • Tidak menghadiri sidang perdana

Atas kasus motoGP, Lili Pantauli pun menjadi tersangka. Dan Dewas KPK mengambil langkah untuk membawa kasus motoGP ke sidang etik dengan data, bahan, informasi yang telah terkumpul. 

Namun pada saat waktunya (05/07/2022), Lily Pintauli tidak bisa hadir di sidang perdana karena beliau saat itu tengah berada di Bali. 

"Ada surat dari pimpinan yang menyatakan yang bersangkutan (Lili Pintauli) berhalangan, dinas ke Bali menghadiri G20," kata Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean, Selasa (5/7/2022) yang dilansir dari liputan6. 

  • Surat pengunduran diri telah ditandatangani oleh Jokowi 

Diketahui, Lili sudah mengajukan pengunduran diri sejak 30 Juni 2022. Dan baru hari ini, 11 Juli 2022, Keppres (Keputusan Presiden) telah ditandatangani oleh Presiden Jokowi terkait pemberhentian Lili Pintauli dari jabatannya. 

  • Sidang Etik Gugur 

Lily Pintauli menghadiri sidang hari ini, 11 Juli 2022. Sebelumnya, Dewas (Dewan Pengawas) menyatakan Lili Pintauli Siregar tidak dapat diadili etik. Dewas beralasan Lili sudah mengundurkan diri.

Mengapa demikian? Karena Lili Pintauli bukanlah insan KPK lagi. Kode etik yang ada di KPK hanya berlaku bagi insan KPK yaitu pimpinan, dewas, dan seluruh pegawai KPK, jadi dengan adanya keppres (pemberhentian Lili) tentunya dia bukan lagi sebagai insan KPK.

  • Muncul beberapa nama pengganti Lili Pintauli 

Kemunduran Lili Pintauli menyebabkan terjadinya kekosongan posisi. Presiden Jokowi pun perlu mencari kandidat baru untuk mengisi posisi tersebut. Untuk pergantian Lili Pintauli, Presiden Jokowi bisa melakukan dengan cara mengambil nama-nama dari calon pada komisioner yang tidak lolos seleksi.

Adapun desas-desis nama pengganti Lili Pintauli yakni Sigit Danang Joyo, Lutfi Jayadi Kurniawan, I Nyoman Wara, Johanes Tanak,. Robby Arya Brata

Populis Discover

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Terkini