Bagikan Migor Gratis Tapi Minta Warga Pilih Anaknya, Zulhas Kena Disentil Anggota Komisi VI, Bahaya Money Politic!

Bagikan Migor Gratis Tapi Minta Warga Pilih Anaknya, Zulhas Kena Disentil Anggota Komisi VI, Bahaya Money Politic! Kredit Foto: Humas Kemendag

Anggota Komisi VI DPR RI fraksi PKS Amin AK turut komentari Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat memberikan minyak goreng ke warga sambil mempromosikan anaknya Futri Zulya Savitri pada Pileg 2024 mendatang.

Kata dia, apa yang dilakukan Zulhas tersebut sangat tidak mendidik.

"Pertama dari sudut pandang edukasi politik jelas apa yang dilakukan Pak Zulhas tersebut tidak mendidik," kata Amin kepada wartawan, Selasa (12/7/2022).

Baca Juga: Polemik Zulhas Bagikan Migor Gratis Tapi Minta Warga Coblos Anaknya, PAN Kasih Penjelasan: Beliau Sebagai Ketua Partai, Bukan Mendag

Pasalnya, apa yang dilakukan Zulhas meski diklaim tidak menggunakan fasilitas negara, hal itu dimaknai sebagai bentuk money politics.

"Meskipun tidak menggunakan uang atau fasilitas negara, karena munculnya ajakan untuk memilih, maka pemberian minyak goreng gratis tersebut bisa dianggap money politics," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan sebagai pejabat publik Zulhas harus menjadi teladan. Sebab, jabatan Mendag dengan Ketua Umum PAN sulit dipisahkan.

"Sebagai pejabat publik yang mestinya menjadi teladan bagi masyarakat, maka hal itu tidak etis dilakukan. Meskipun tampil sebagai Ketua Umum Parpol, jabatan yang diemban (sebagai Mendag) sulit dipisahkan," tandasnya.

Baca Juga: Pak Zulhas... Dengerin Presiden Jokowi Nih! Fokus Pak, Bukan Promosi Anak

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga menjelaskan polemik Mendag Zulkifli Hasan yang membagikan minyak goreng gratis ke warga Lampung. Namun, saat membagikan migor Minyakita itu Zulhas meminta agar warga memilih anaknya di Pilkada mendatang.

Menurut Yoga, acara pembagian minyak goreng itu berlangsung pada hari Sabtu, di mana para Aparatur Sipil Negara (ASN) sedang libur. Maka ia menekankan acara tersebut bukan acara resmi dari Kementrian Perdagangan (Kemendag).

Ia juga mengklaim bahwa Mantan Menteri Pertanian itu hadir bukan sebagai Mendag tapi sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN). Sedangkan putrinya sebagai pengurus partai tersebut.

Baca Juga: Belum Ada Seminggu Dicabut, Izin Ponpes Shiddiqiyyah Dikembalikan Kemenag, Ketua MUI: Kemarin Gegabah! Mereka Belum Divonis Lho...

"Acara itu hari Sabtu, di mana para pegawai ASN di pemerintahan libur. Acara itu bukan acara pemerintahan atau kementerian, tetapi itu acara partai," katanya kepada Populis.id pada Selasa (12/07/2022).

"Bang Zulkifli Hasan hadir selaku Ketua Umum PAN meninjau acara PAN, yaitu PANsar Murah. Di acara itu Futri, putrinya hadir selaku pengurus DPP PAN dan Calon Legislatif PAN Dapil Lampung 1," sambungnya.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Suara.com.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover