Zulhas Bagi-Bagi Minyak di Lampung, Kampanye Politik Atau Kunjungan Kerja?

Zulhas Bagi-Bagi Minyak di Lampung, Kampanye Politik Atau Kunjungan Kerja? Kredit Foto: Humas Kemendag

Zulkifli Hasan (Zulhas) selaku Menteri Perdagangan (Mendag) tertangkap kamera sedang melakukan bagi-bagi minyak goreng gratis di daerah Lampung. Lantas kegiatan tersebut menjadi tanda tanya apakah kampanye politik atau kunjungan kerja? 

Kegiatan yang diadakan pada Sabtu, 09 Juli 2022 tepatnya di Telukbetung Timur, Bandar Lampung. Zulhas membagi-bagikan minyak goreng besutan kemendag, MinyaKita kepada Ibu-ibu secara gratis bersama sang putri, Futri Zulya Savitri. Kegiatan ini ternyata bertajuk PANsar alias pasar murah. 

Kegiatan PANsar Murah yang dibalut kampanye politik ini merupakan acara partai untuk mempromosikan Futri Zulya Savitri sebagai Caleg PAN Dapil Lampung 1.

Futri Zulya Savitri adalah seorang anak dari Zulkifli Hasan dan mantan istri Ahmad  Mumtaz. Wanita lulusan universitas di Australia ini mengawali karirnya sebagai seorang pebisnis dan juga  aktif di politik dengan bergabung ke Partai Amanat Nasional bersama dengan mantan suaminya. 

Karena keaktifannya di PAN, membuat Futri kini melangkah menjadi caleg. Lewat kegiatan tersebut Zulhas juga berpidato dengan mengajak masyarakat untuk memilih Futri pada saat pemilihan tersebut dengan janji manis yang ditawarkan akan ada minyak goreng gratis per 2 bulan sekali. 

Kegiatan ini sempat viral dan menuai kontroversi, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi memberikan penjelasan kalau kegiatan ini bukanlah kegiatan Kementerian melainkan kegiatan Partai. Zulhas hadir mewakili Partai bukan Kementerian. 

Pun MinyaKita dibeli oleh Futri dari distributor lalu dibagikan secara cuma-cuma ke masyarakat Lampung khususnya daerah Dapilnya sendiri. 

Kegiatan ini juga mendapat respon dari Jokowi "Kalau Menteri Perdagangan ya urus yang paling penting seperti yang saya tugaskan kemarin bagaimana menurunkan harga minyak goreng," kata Jokowi di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Selasa, 12 Juli 2022.

Jokowi meminta agar Menterinya fokus untuk bekerja sesuai yang diarahkan seperti menurun harga minyak goreng. 

Selain Jokowi, Anggota DPR RI Amin Ak juga turut menanggapi hal ini, beliau menjelaskan kalau apa yang dilakukan oleh Zulhas tidak etis meskipun tidak menggunakan fasilitas negara. Zulhas telah melakukan politik uang karena ada ajakan memilih lalu diberikan barang berupa minyak goreng untuk melancarkan tujuannya. Selaras dengan definisi politik uang, yaitu suatu bentuk pemberian atau janji menyuap seseorang untuk menjalankan haknya dengan cara tertentu pada saat pemilihan umum. Pembelian bisa dilakukan menggunakan uang atau barang. 

Baca Juga: Yandri Susanto Jadi Wakil Ketua MPR Gantikan Zulkifli Hasan, Begini Profilnya! Riwayat Politiknya Gak Main-main

Baca Juga: Dalam Rangka Sukseskan Minyak Kita, Mendag Zulkifli Hasan: Secara Khusus, Kami Meminta Dukungan Para Produsen dalam...

Populis Discover

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Terkini