Sukseskan Kebijakan Presiden Jokowi, Rachmat Gobel Dorong Pelaku UMKM Menuju Dunia Internasional

Sukseskan Kebijakan Presiden Jokowi, Rachmat Gobel Dorong Pelaku UMKM Menuju Dunia Internasional Kredit Foto: Istimewa

Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, mendorong para pelaku UMKM khususnya produk desa untuk terus berkembang menuju pasar nasional hingga kancah dunia internasional. 

Hal itu ia sampaikan saat memberikan pidato pada pembukaan Hulonthalo Art and Craft 2022 yang diselenggarakan Bank Indonesia di Gorontalo, Rabu, (13/7/2022).

“Ini momentum yang sangat baik bagi UMKM, mari kita kerja keras untuk bangkit. Momentum ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ujar Gobel.

Pada kesempatan itu hadir Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti.

Sejalan dengan kebijakan Presiden Joko Widodo, kata Gobel, adalah membangun ekonomi dari pinggiran. Karena itu, momentum ini harus dimanfaatkan untuk mendorong sektor pertanian dan sektor UMKM.

“Sebagai tulang punggung ekonomi nasional, UMKM merupakan kekuatan Indonesia,” katanya. Selain itu, ia mengatakan, negara juga memiliki kebijakan pemberian dana desa yang cukup besar.

“Jadi mari kita jadikan produk desa menjadi produk lokal, lalu produk lokal menjadi produk nasional, dan akhirnya produk nasional menjadi produk global,” katanya.

Baca Juga: Buntut Ajakan Perang Badar Usai Penangkapan Mas Bechi, Shiddiqiyyah Minta Polisi Pihaknya Jangan Ditangkap: Kami Buat Itu untuk...

Namun Gobel mengingatkan, walaupun kontribusi UMKM sangat besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) namun kontribusi UMKM terhadap total ekspor nasional justru relatif kecil dibandingkan dengan usaha besar.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover