3 Nama Capres Ini Teratas, Ridwan Kamil, Ahok, Hingga AHY Isi Posisi Tengah dan Puan Maharani di Papan Bawah

3 Nama Capres Ini Teratas, Ridwan Kamil, Ahok, Hingga AHY Isi Posisi Tengah dan Puan Maharani di Papan Bawah Kredit Foto: Akurat

Menurut hasil survei terbaru dari Lembaga Survei Nasional (LSN), Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang akan digelar 19 bulan lagi menunjukkan bahwa calon pemilih atau loyal voters yang sudah mantap dengan pilihannya saat ini baru mencapai 52 persen,

Hal itu menandakan bahwa tingkat swing voters atau pemilih yang masih mungkin berubah dari capres pilihannya saat ini masih cukup tinggi.

Baca Juga: Pakar Bongkar Aksi Baku Tembak Brigadir J dan Bharada E Bukan Soal Senior-Junior, Tapi..

Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara, Bakry, menyebut bahwa peluang para capres di tingkat tengah seperti Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Moeldoko, Erick Thohir, Sandiaga Uno, dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), masih terbuka.

“Lalu berdasarkan temuan LSN, dominasi capres papan atas yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan belum tergoyahkan sejak 1,5 tahun lalu,” ucapnya.

Bakry mengungkap kalau elektabilitas ketiga sosok itu memang selalu menempati posisi teratas di semua lembaga survei mainstream.

Sepintas mungkin seperti tidak ada peluang untuk kandidat capres lain, tapi ia menegaskan kalau capres papan tengah masih bisa menembus atas.

Bakry mengatakan, “Namun mengingat tingkat swing voters masih cukup tinggi, secara matematis peluang tokoh-tokoh seperti Ridwan Kamil, Moeldoko, AHY, Erick Thohir dan lain-lain untuk menembus tingkat elektabilitas dua digit masih cukup terbuka. Dengan kata lain, siapa yang bakal maju dan diusung oleh partai-partai politik sebagai capres 2024 relatif masih cair.”

Berdasarkan survei terbaru LSN, hasil menunjukkan bahwa Prabowo Subianto masih memiliki elektabilitas tertinggi (29,5%), sedangkan di posisi berikutnya ada Ganjar Pranowo (20,9%) dan Anies Baswedan (18,5%).

Baca Juga: Innalillahi.. KKB Papua Kembali Berulah Hingga Sebabkan 10 Orang Tewas, Hamdan Zoelva Minta Pemerintah Tegas: Ini Terorisme!

Posisi papan tengah atau persentase yang elektabilitasnya masih satu digit adalah Ridwan Kamil (7,6%), Sandiaga Uno (4,2%), Basuki Tjahaja Purnama (2,6%), AHY (2,5%), Moeldoko (2,4%), Dedi Mulyadi (2,1%), Erick Thohir (1,7%), dan Airlangga Hartarto (1,2%).

Sementara itu, Puan Maharani (0,9%), Gatot Nurmantyo (0,7%), Mahfud MD (0,5%), Muhaimin Iskandar (0,5%), Khofifah Indar Parawansa (0,5), dan lain-lain berada di papan bawah.

Hasil tersebut berdasarkan survei yang dilakukan pada 10-24 Juni 2022 di 34 provinsi yang ada di seluruh Indonesia.

Populasi survei itu sendiri terdiri dari seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah berusia 17 tahun atau sudah memiliki KTP dengan melibatkan 1.500 responden.

Sampel dipilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multistage random sampling). Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara tatap muka antara responden dan tenaga terlatih dengan bantuan/pedoman kuesioner.

Margin of error dari survei itu adalah +/- 2,53%, sedangkan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Baca Juga: Ikut Sholat Tahajud, Habib Rizieq Shihab Tiba-tiba Muncul di Reuni 212!

Lihat Sumber Artikel di Fajar Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Fajar. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Fajar.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover