Profil Egianus Kogoya, Pemimpin KKB Berusia 23 Tahun yang Jadi Tokoh Utama Penyerangan di Nduga Hingga 10 Orang Tewas

Profil Egianus Kogoya, Pemimpin KKB Berusia 23 Tahun yang Jadi Tokoh Utama Penyerangan di Nduga Hingga 10 Orang Tewas Kredit Foto: Facebook Egianus Kogoya 2018

Insiden berdarah kembali terjadi di Kabupaten Nduga, Papua pada Sabtu (16/7/2022) setelah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang 11 warga sipil dan 10 di antaranya meninggal dunia.

Sederet peristiwa penyerangan yang dilakukan oleh KKB di Nduga memang kerap terjadi. Lalu, siapa sebenarnya pemimpin kelompok tersebut?

Baca Juga: KKB Papua Serang Warga Sipil Hingga 10 Orang Tewas, Polisi Sebut Pelaku Berasal dari Kelompok yang Dipimpin Sosok Ini

Melansir dari Antara, Direskrimum Polda Papua Kombes Pol Faizal Rahmadani, mengatakan bahwa pelaku penyerangan yang menewaskan 10 orang di Nduga adalah KKB pimpinan Egianus Kogoya.

“Memang pelaku penyerangan yang melukai 11 orang warga sipil, 10 diantaranya meninggal itu adalah KKB pimpinan Egianus Kogoya,” ujar Faizal di Jayapura, Sabtu (16/7/2022).

Menurutnya, KKB tersebut tak hanya melakukan penyerangan dengan cara menembak, tapi juga menyerang warga sipil itu dengan senjata tajam.

10 orang meninggal dunia dari 11 orang yang terluka kini sudah dievakuasi ke Timika. Tempat kejadian penyerangan itu sendiri berada di luar Kanyam.

Para pelaku tersebut langsung melarikan diri setelah menyelesaikan aksinya menyerang warga sipil itu.

Kombes Faizal menyebut KKB masih memiliki amunisi meskipun tidak banyak. Oleh karena itu, ia berharap aparat keamanan dan masyarakat tetap waspada.

Sepak Terjang Egianus Kogoya

Baca Juga: Innalillahi.. KKB Papua Kembali Berulah Hingga Sebabkan 10 Orang Tewas, Hamdan Zoelva Minta Pemerintah Tegas: Ini Terorisme!

Melansir dari berbagai media, KKB pimpinan Egianus Kogoya memang kerap beraksi di Nduga.

Setahun lalu, tepatnya pada Sabtu (13/7/2021), aksi kelompok itu menyebabkan dua anggota TNI, Lettu Inf Sukma Panunjang dan Praka Abdul Hamid, dari Yonif 751/VJS terluka setelah terlibat baku tembak.

Egianus Kogoya adalah pimpinan KKB Papua di Kabupaten Nduga. Ia disebut sebagai putra dari seorang tokoh Organisasi Papua Merdeka atau OPM yang telah meninggal dunia, yaitu Silas Kogoya.

Sebagai seorang pemimpin KKB, usia Egianus masih tergolong masih sangat muda. Dilansir Wikipedia, ia disebut lahir pada 1999 sehingga saat ini berusia 23 tahun.

Berdasarkan informasi dari laman yang sama, Egianus diperkirakan memiliki anggota sekitar 50 orang dan telah tercatat terlibat dalam sejumlah penyerangan.

Baca Juga: Terbaring di Rumah Sakit, Benarkah Putri Candrawathi Terjangkit HIV/Aids?

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover