Di Tengah Konflik Berbagai Negara, Rachmat Gobel Puji Kepemimpinan Jokowi: Masyarakat Harus Bersyukur Stok Pangan Terkendali

Di Tengah Konflik Berbagai Negara, Rachmat Gobel Puji Kepemimpinan Jokowi: Masyarakat Harus Bersyukur Stok Pangan Terkendali Kredit Foto: Istimewa

Wakil Ketua DPR RI Bidang Korinbang, Rachmat Gobel, mengapresasi keberhasilan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menjaga sinergi pemerintah dengan parleman di tengah konflik berbagai negara. Menurut Gobel, keberhasilan tersebut menimbulkan dampak positif yakni inflasi yang dapat terkendali. 

“Secara fiskal Indonesia cukup aman karena tertolong oleh berkah naiknya harga batubara dan harga CPO. Hal ini mengkompensasi kenaikan harga BBM. Secara moneter Indonesia juga cukup aman karena inflasi masih cukup terkendali. Hal-hal inilah yang membedakan Indonesia dari negara-negara lain, apalagi Srilanka,” kata Gobel, Senin, (18/7/2022).

Selain itu, Gobel turut mendukung pernyataan Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati tentang ketahanan ekonomi Indonesia dalam menghadapi gejolak ekonomi global akibat pandemi Covid-19 dan konflik Rusia-Ukraina.

“Tapi dalam jangka menengah dan panjang kita harus waspada terhadap masalah pangan kita. Juga efisiensi anggaran, serta efektivitas dan penguatan koordinasi antar lembaga dan kementerian,” katanya.

Pada pekan lalu, Menkeu memberikan keterangan tentang kondisi ekonomi Indonesia dengan fakta-fakta yang optimistik. Hal itu menjawab kegelisahan publik akibat krisis ekonomi yang berujung pada krisis politik di Srilanka.

Pandemi Covid19 yang disusul konflik Rusia-Ukraina serta iklim kemarau basah juga mengakibatkan melejitnya harga-harga pangan dan energi. Bahkan harga sayuran pun ikut melejit.

Baca Juga: Ngaku Punya Bukti Kuat, Hari Ini Keluarga Brigadir J Akan Laporkan Dugaan Pembunuhan Berencana dan Peretasan HP ke Bareskrim Polri

Lebih lanjut, Gobel mengingatkan, menskipun masyarakat tetap terbebani oleh kenaikan harga BBM dan harga komoditas pangan. “Dalam situasi ini kita juga bersyukur ketersediaan beras dan harga beras masih tercukupi oleh petani kita dan harganya terkendali. Inilah yang menjadi pengaman sesungguhnya,” katanya.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover