Ferdy Sambo Dicopot Dari Jabatannya Imbas Kasus Tewasnya Brigadir J, Kapolri Dipuji Profesional dan Menghormati HAM

Ferdy Sambo Dicopot Dari Jabatannya Imbas Kasus Tewasnya Brigadir J, Kapolri Dipuji Profesional dan Menghormati HAM Kredit Foto: Taufik Idharudin

Mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai mengapresiasi putusan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang telah menonaktifkan Irjen Ferdy Sambo dari jabatannya sebagai Kadiv Propam Polri.

"Penonaktifan Kadiv Propam dengan asas praduga tidak bersalah pada saat yang tepat dimana proses lidik dilakukan. Kapolri tahu proses formal & mengerti perasaan publik," kata dia dari Twitter @NataliusPigai2 yang dikutip Populis.id pada Selasa (19/7/2022).

Baca Juga: Kapolri Copot Jabatan Ferdy Sambo dari Jabatan Kadiv Propam, JS Prabowo: Lebih Baik Terlambat Daripada...

Ia menilai Kapolri menunjukkan profesionalitas dan menghormati hak asasi manusia (HAM) dalam menangani kasus baku tembak yang menewaskan Brigadir Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

"Kapolri tunjukkan profesionalitas, objektif, imparsial dan menghormati HAM. Apresiasi untuk Kapolri," tulisnya.

Baca Juga: Irjen Ferdy Sambo Resmi Dicopot dari Jabatannya, Polri Diminta Bongkar Teka-teki Tewasnya Brigadir J, Elite Demokrat: Rakyat Ingin Tau...

Diketahui, keputusan ini Kapolri ambil karena adanya spekulasi negatif yang bertebaran di masyarakat dan dianggap dapat mengganggu independensi dari institusi Polri.

"Terkait dengan penanganan kasus penembakan terhadap tembak menembak antara anggota Polri di Asrama Duren Tiga, kita melihat bahwa ada spekulasi-spekulasi yang muncul dan kemudian tentunya ini akan berdampak terhadap proses penyelidakan yang sedang kita lakukan," kata Listyo saat gelar konferensi pers di Mabes Polri, Senin (18/7/2022).

"Oleh karena itu, malam hari ini kita putuskan untuk Irjen Pol Ferdy Sambo untuk sementara jabatannya dinonaktifkan," sambungnya.

Baca Juga: Dibeberin Rara si Ahli Tarot, Keluarga Ferdy Sambo Kena Santet? Eh Yang Kena Brigadir J

Kemudian jabatan Kadiv Propam akan diberikan kepada Wakapolri Komjen Gatot Eddy. Maka, segala urusan dan tanggung jawab Ferdy Sambo sepenuhnya akan dibebankan kepada Wakapolri.

"Ini tentunya juga untuk menjaga agar apa yang telah kita lakukan selama ini terkait dengan masalah komitmen untuk menjaga objektivitas, transparansi, dan akuntabel, ini betul-betul bisa kita jaga," tuturnya.

Baca Juga: WA hingga Google Terancam Diblokir Kominfo, Teddy Gusnaidi: Jangan Gertak Sambal, Jika Tak Siap Jangan Buat Batasan Waktu!

Hal ini guna rangkaian dari proses penyelidikan yang saat ini sedang dilaksanakan, bisa berjalan dengan baik dan transparan.

"Tentunya seluruh tahapan saat ini tengah berjalan, proses pemeriksaan saksi sedang berjalan, pengumpulan alat bukti juga berjalan," ujarnya.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover