Ironisnya Nasib Habib Rizieq, Namanya Digaungkan Jadi Capres, Dia Malah Mendekam di Penjara

Ironisnya Nasib Habib Rizieq, Namanya Digaungkan Jadi Capres, Dia Malah Mendekam di Penjara Kredit Foto: Antara

Mantan Imam Besar Ormas Islam Front Pembela Islam (FPI) Habib Muhammad Rizieq Shihab kini diputuskan untuk mendekam di penjara selama 8 bulan ke depan. Ia sebelumnya mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) namun ditolak dan berakhir pada putusan hukuman penjara.

Seperti diketahui, pentolan FPI tersebut sebelumnya ditahan oleh Polda Metro Jaya akibat terjerat kasus kerumunan massa yang terjadi di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada 14 November 2020 lalu. Ia dijadikan tersangka karena telah mengadakan sebuah acara yang memancing kerumunan massa di tengah-tengah pandemi. Saat itu pemerintah tengah gencar menegakkan aturan Kekarantinaan Kesehatan, dalam hal ini larangan kerumunan akibat kasus positif virus covid-19 yang terus melonjak.

Rizieq yang akhirnya ditahan sempat menyampaikan permohonan maaf dua pekan setelah kejadian karena telah menimbulkan kerumunan tersebut, sekaligus sejumlah kerumunan-kerumunan yang dihasilkan di tempat lainnya seperti di Bandara Soekarno-Hatta, Tebet, dan Megamendung akibat dirinya.

"Saya meminta maaf kepada seluruh masyarakat, di bandara, di Petamburan, di Tebet, dan Megamendung terjadi penumpukan yang tidak terkendali," ujarnya pada 12 Desember 2020 lalu.

Baca Juga: Terbongkar Alasan Mahfud MD Cuek Bebek Atas Kasus Rizieq Shihab, Ternyata Oh Ternyata

Meskipun Rizieq selanjutnya akan menjalani hukuman, kenyataannya pengaruhnya di luar tempatnya ditahan masih besar, terlebih kepada para pendukungnya yang kini banyak yang tak berwadah karena FPI sudah dibekukan. Ia bahkan diisukan masuk ke dalam bursa capres Pemilu 2024 mendatang, terlebih kabarnya menurut survei SMRC tingkat elektabilitas Rizieq mengalahkan Puan Maharani. 

Namun melambungnya nama Rizieq di luar penjara tak merubah apapun. Berulang kali Rizieq mengajukan pertimbangan atas kasus yang tengah dihadapinya. Pada saat sidang perdananya pada 16 Maret lalu yang menyoal kasus kerumunan Petamburan, banyak drama yang terjadi antara dirinya dengan pihak Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Saat itu, sidang bahkan sempat diskors dua kali sebelum akhirnya diputuskan ditunda hingga 19 Maret.

Baca Juga: Rizieq Shihab Ungguli Puan Maharani, PA 212: Kami Nggak Butuh Survei, tapi.....

Rizieq pun pertama kali divonis delapan bulan penjara pada 27 Mei lalu perihal kasus kerumunan di Petamburan. Rizieq dianggap telah terbukti melanggar Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Ia mengadakan acara Maulid Nabi di Petamburan sementara saat itu pandemi di Indonesia sedang berada dalam kondisi kritis. Rizieq ditahan bersama dengan terdakwa lainnya yang menjadi panitia acara yakni Haris Ubaidillah, Sabri Lubis, Ali Alwi, Idrus Al-Habsyi, dan Maman Suryadi.

Selanjutnya pada Juni lalu, Rizieq bersama kuasa hukumnya Azis Yanuar sempat mengajukan banding atas vonis tersebut. Namun pada 4 Agustus, majelis hakim di PN Jakarta Timur menolaknya. Hal ini dikonfirmasi oleh Azis saat itu.

"Sudah (mengajukan banding). Kemarin sudah. Sudah ada tanda terimanya. Tinggal kami nanti siapkan memori banding untuk kasus Petamburan," ujarnya pada 3 Juni 2021 lalu.

Kemudian yang terbaru, Rizieq bersama kuasa hukumnya mengajukan kasasi ke MA atas kasus kerumunan Petamburan. Sayangnya, kasasi tersebut ditolak oleh MA. Untuk itu, putusan hukum atas kasus yang menimpa Rizieq tersebut kini sudah berkekuatan hukum tetap dan Rizieq akan resmi menjalani vonis hukuman penjara selama delapan bulan.

"Amar putusan ditolak," tulis MA pada laman resminya, Senin (11/10/2021).

Adapun Rizieq masih memiliki kasus lainnya yang kemungkinan mengancam dirinya untuk mendekam di penjara lebih lama lagi. kasus yakni adalah kasus penyebaran berita bohong atas swab test di Rumah Sakit (RS) Ummi Bogor. Kini kasus tersebut masih dalam tahap penguatan hasil vonis yang mana Rizieq divonis empat tahun penjara atas kasus tersebut. 

Baca Juga: Informasi Penting Perkembangan 2 Kasus Habib Rizieq, Aziz Minta Doa Umat Islam

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini