Jenderal Pertama Keturunan Tionghoa, Berikut Fakta Seputar Brigjen Hendra Kurniawan

Jenderal Pertama Keturunan Tionghoa, Berikut Fakta Seputar Brigjen Hendra Kurniawan Kredit Foto: JPNN.com

Nama Brigjen Hendra Kurniawan tiba-tiba mencuat di tengah kasus polisi tembak polisi yang menewaskan Brigadir J atau Nofryansah Yosua Hutabarat. 

Menurut keterangan tim kuasa hukum keluarga Brigadir J, Johnson Pandjaitan, Karo Paminal Polri itu dituding melarang pihak keluarga untuk membuka peti jenazah Brigadir J.

Atas hal tersebut, keluarga Brigadir J meminta agar Brigjen Hendra Kurniawan dicopot seperti Irjen Ferdy Sambo. 

Baca Juga: Gimana Masyarakat Mau Percaya Sama Polisi, Permintaan Autopsi Ulang Jenazah Brigadir J Saja Ditolak Mentah-mentah

Siapa sebenarnya Brigjen Hendra Kurniawan? Simak fakta-fakta berikut, melansir Tribunnews. 

1. Jenderal pertama keturunan Tionghoa

Brigjen Hendra Kurniawan lahir pada 16 Maret 1974. Ia menjabat sebagai Karopaminal Divpropam Polri sejak 16 November 2020. 

Hendra merupakan alumnus Akpol 1995 yang berpengalaman dalam propam. Ia didapuk menjadi Jenderal Polisi pertama dan satu-satunya dari keturunan Tionghoa. 

Baca Juga: Adik Brigadir J Dimutasi ke Poldar Jambi Usai Kasus Penembakan Kakaknya, Polri Beber Permintaan dari Pihak Ini

2. Karir cemerlang

Sebelumnya, Brigjen Hendra menjabat sebagai Kabagpinpam Ropaminal Divpropam Polri. Sejumlah jabatan berhasil disabetnya, di antaranya adalah Kaden A Ro Paminal Div Propam Polri dan Analis Kebijakan Madya Bidang Paminal Div Propam. 

Baca Juga: Terbaring di Rumah Sakit, Benarkah Putri Candrawathi Terjangkit HIV/Aids?

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover