Kampanye Politik di Kampus? Apakah Langkah Yang Tepat?

Kampanye Politik di Kampus? Apakah Langkah Yang Tepat? Kredit Foto: Media Indonesia

Kampus atau Universitas adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi yang didalamnya pun terdapat aktivitas pemira (pemilihan raya). Lalu bagaimana jika di kampus diadakan kampanye politik secara nyata. Apakah langkah yang tepat? 

Baru baru ini, terdapat wacana untuk kampanye politik di lingkungan kampus jelang pemilu 2024. Dengan tujuannya untuk menguji kemampuan para kontestan pemilu 2024. Wacana kampanye di kampus sudah ada sejak zaman Prabowo mencalonkan sebagai Capres tempo lalu namun KPU baru berencana akan merealisasikannya akhir-akhir ini menjelang pemilu 2024. 

Kampus sebagai kalangan yang berintelektual, akademisi, dan berpendidikan tentu tidak akan terjadi politisasi politik. Sehingga masyarakat tidak perlu risau kalau kampanye politik di kampus akan terjadi manipulasi politik atau hal-hal lain yang tidak diinginkan. 

Atas usul yang disampaikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) banyak sejumlah aktor politik yang setuju atas wacana tersebut beberapa di antaranya adalah Sean Mustopo selaku wakil ketua Komisi II DPR RI yang mana kampanye politik di kampus harus bersifat dialogis. Lalu ada Anggota Komisi II DPR Fraksi Partai Demokrat, Anwar Hafid yang menilai, kampanye politik di kampus adalah hal yang wajar dan akan memiliki dampak yang bagus. 

Namun kampanye politik di kampus tidak boleh asal sembarangan, tentu harus ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi diantaranya: 

  • Kesempatan yang sama. 
  • Masing-masing calon diberikan ruang yang sama untuk berkampanye. 
  • Partai politik dan kampus bisa bersinergi untuk merumuskan kebijakan-kebijakan demi kemajuan bangsa. 

Baca Juga: Curi Start Kampanye, Loyalis Anies Bagi-bagi Nasi Bungkus?

Kampanye politik di kampus adalah hal yang tepat, mengingat mahasiswa/mahasiswi dan dosen adalah sebagai pemilih dan merupakan bagian dari masyarakat umum. Tidak ada yang salah jika ingin berkampanye di kampus karena tentu akan memberikan dampak yang bagus untuk kedepannya. Pun kampanye juga akan berkualitas karena lingkungan akademisi juga terlibat. 

Populis Discover

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Terkini