NIK Resmi Gantikan NPWP, Ini Dia Cara Cek NIK secara Online

NIK Resmi Gantikan NPWP, Ini Dia Cara Cek NIK secara Online Kredit Foto: Seno

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah kartu identitas yang sering dikaitkan dengan pajak. Dikutip dari laman Kementrian Keuangan (Kemenkeu), NPWP adalah nomor tanda wajib pajak sebagai identitas dalam rangka memenuhi hak dan kewajiban perpajakan. Biasanya, NPWP digunakan untuk melakukan transaksi yang berkaitan dengan perpajakan. 

Saat ini penggunaan NPWP tidak lagi diperlukan karena Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementrian Keuangan resmi menjadikan NIK sebagai pengganti NPWP. Dalam artian, masyarakat dapat mengakses situs DJP menggunakan NIK.

Nomor Induk Kependudukan (NIK) adalah nomor identitas penduduk yang dimiliki setiap Penduduk Indonesia dengan nomor yang bersifat khas, tunggal, dan tidak dapat diganti.

Baca Juga: Pemerintah Hapus BPJS Kelas 1 Sampai 3, Orangnya Ibu Mega: Jangan Sampai Membebani Rakyat!

Dilansir dari laman Disukcapil Kota Pontianak, NIK terdiri dari 16 digit yang 6 digit perrtamanya mewakili kode wilayah provinsi, kabupaten/kota, dan kecamatan tempat tinggal saat mendaftar. 6 digit kedua adalah tanggal, bulan, dan tahun kelahiran dan khusus untuk perempan tanggal lahir ditambah 40. Lalu, 4 digit terakhir merupakan nomor urut penerbitan NIK yang diproses secara otomatis dengan SIAK.

Cara Cek NIK Online

Mengecek NIK secara online sangatlah diperlukan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah status NIK Anda valid atau tidak. Jika tidak, Anda dapat melaporkannya ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat. Selain itu, Anda tidak perlu repot-repot mendatangi kantor Dukcapil untuk mengecek status kevalidan NIK Anda.

Berikut beberapa cara untuk cek NIK secara online:

1. Melalui WhatsApp

Cara cek NIK secara online yang pertama dapat melalui aplikasi WhatsApp. Caranya tidak terbilang sulit, yaitu cukup dengan mengirim pesan dengan format nama lengkap/Kelurahan/Kecamatan/Kabupaten/Kota lalu kirim ke nomor 0813-2691-2479.

Contoh: Rahma Syafira/3276043606020016/Mampang/Pancoran Mas/Depok.

2. SMS

Jika tidak ingin menggunakan WhatsApp, cara kedua dapat Anda lakukan menggunakan SMS. Caranya cukup mudah, yaitu kirim SMS ke nomor 0815-3636-999 dengan format Cek#KTP#NIK.

Sebelum mengirim pesan singkat, persiapkan pulsa yang cukup agar pesan dapat terkirim.

3. Email

Cara cek NIK secara online yang ketiga dapat Anda lakukan dengan menggunakan email. Caranya dengan mengirim email ke [email protected] dengan format #NIK#Nama_lengkap#Nomor_kartu_keluarga#Nomor_telepon#Keluhan.

Baca Juga: Mendag Luncurkan MinyaKita Rp14 Ribu Per Liter, Jika Mau Beli Harus Gunakan PeduliLindung atau KTP

4. Website

Terakhir, anda dapat mengecek NIK secara online melalui website atau laman resmi Dukcapil masing-masing Dukcapil kabupaten/kota domisili Anda. Misalnya Dukcapil Jakarta, Dukcapil Medan, Dukcapil Tangerang, dan sebagainya. Caranya dengan mengetik kata kunci Dukcapil yang diikuti dengan kabupaten/kota domisili Anda di mesin pencarian.

Atau Anda dapat mengakses link https://ereg.pajak.go.id/ceknpwp 

Caranya buka link tersebut, lalu masukkan 16 digit nomor KTP dan Kartu Keluarga pada kolom yang disediakan. Lalu, ketik captha atau kode keamanan. Setelahnya, klik cari.

Itulah cara cek NIK secara online yang telah resmi mengganti penggunaan NPWP.

Populis Discover

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Terkini