Kenapa Timor Leste Belum Bergabung Menjadi Anggota ASEAN?

Kenapa Timor Leste Belum Bergabung Menjadi Anggota ASEAN? Kredit Foto: EPA-EFE

Terhitung sudah 20 tahun Timor Leste merdeka dan melepaskan diri dari Indonesia.

Negara yang dijuluki Bumi Lorosae ini menetapkan hari kemerdekaannya pada tanggal 20 Mei 2002 dengan nama Republik Demokratik Timor Leste (RDTL).

Secara geografis, Timor Leste masih berada di Kawasan Asia Tenggara. Akan tetapi, Timor Leste hingga saat ini belum juga menjadi anggota Association of Southeast Asia Nations atau biasa disebut ASEAN.

ASEAN adalah organisasi geopolitik dan ekonomi yang menaungi negara-negara di Kawasan Asia Tenggara yang terbentuk melalui penandatanganan Deklarasi Bangkok pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand.

Baca Juga: Timor Leste Disebut Ingin Kembali Gabung Indonesia? Benarkah?

Pada awalnya, ASEAN didirikan oleh lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Lalu, terdapat penambahan lima anggota yang berada di Kawasan Asia Tenggara, yakni Brunei Darussalam (1984), Vietnam (1995), Laos (1997), Myanmar (1997), dan Kamboja (1999).

Diketahui, terdapat 11 negara di Kawasan Asia Tenggara, namun hanya terdapat 10 negara yang menjadi anggota dari ASEAN. Dengan begitu, Timor Leste menjadi satu-satunya negara yang tidak menjadi anggota ASEAN.

Kenapa Timor Leste Belum Masuk ASEAN?

Timor Leste telah mengajukan permohonan resmi untuk begabung ke dalam ASEAN sejak 4 Maret 2011. Namun, permohonan tersebut masih belum dikabulkan karena terdapat penolakan dari sejumlah negara anggota ASEAN.

Padahal sejak awal kemedekaaannya, Timor Leste secara rutin menghadiri pertemuan yang diadakan oleh ASEAN.

Selain itu, Timor Leste telah menyetujui perjanjian pesahabatan dan kerja sama. Tak tanggung-tanggung, Timor Leste juga mendirikan kedutaan besar di semua negara anggota ASEAN sesuai dengan syarat masuk keanggotaan ASEAN.

Walaupun telah melakukan banyak hal untuk mendapatkan keanggotaan ASEAN, keinginan Timor Leste untuk bergabung menjadi anggota ASEAN masih ditentang oleh beberapa negara.

Singapura dan Laos secara terang-terangan keberatan menerima keanggotaan Timor Leste karena Timor Leste dianggap belum cukup berkembang untuk menjadi anggota ASEAN.

Selanjutnya
Halaman

Populis Discover

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Terkini