Sambutan Anies di Papua Tak Semeriah Ganjar, Apa Ini Gubernur Rasa Presiden?

Sambutan Anies di Papua Tak Semeriah Ganjar, Apa Ini Gubernur Rasa Presiden? Kredit Foto: Instagram Anies Baswedan

Hawa panas Pilpres 2024 semakin terasa, para pendukung dari setiap sosok yang masuk bursa Capres juga mulai berlomba-lomba menyuarakan dukungannya atas pilihan masing-masing. Sejumlah survei juga sudah mulai mengeluarkan daftar nama memiliki tingkat elektabilitas tertinggi.

Dari sekian nama, ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Beberapa pihak menilai bahwa Pilpres mendatang salah satunya menjadi arena pertarungan antara dua sosok tersebut. Hal ini seperti disebutkan pegiat media sosial Denny Siregar.

"Pilpres 2024 kemungkinan Ganjar vs Anies. Seru, nih. Mirip Prabowo vs Jokowi..," tulisnya dalam akun Twitter-nya, dikutip Selasa (12/10/2021).

Baru-baru ini, nama keduanya juga tengah menjadi sorotan di jagat maya. Pasalnya, beredar sebuah foto ketika Anies Baswedan terbang ke Papua untuk mengamati para atlet ibu kota pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada Senin (11/10/2021).

Baca Juga: Berlabu di Bandara Sentani, Anies Datang Semangati Atlet Jakarta di PON XX Papua

Adapun yang disoroti dari foto tersebut adalah ketika Anies mendarat di Bandara Sentani, di mana terdapat fenomena dirinya tak disambut meriah oleh masyarakat Papua. Ia saat itu hanya langsung bertemu dengan para atlet kontingen DKI Jakarta seperti yang diunggah Anies sendiri dalam Instagram Story-nya.

Hal ini membuat sejumlah netizen berbondong-bondong menyampaikan komentarnya terhadap fenomena tersebut. Banyak di antara mereka yang justru membandingkan Anies ketika tiba di Papua dengan ketika Ganjar datang dan disambut meriah oleh rakyat Papua beberapa waktu lalu.

"Beda sambutan saat tiba di Papua. Orang2 Papua paham betul mana yg emas mana yg emas2an," kata akun @narkosun01 sambil menampilkan sepasang foto, yang satu foto Anies tiba di Papua tanpa kemeriahan, satu lainnya foto ketika Ganjar dikelilingi meriah oleh sejumlah masyarakat Papua.

"TIDAK DIKENAL DI PAPUA Tak kenal maka tak sayang... Anies tiba di Bandara Sentani tdk ada yg menyambut semeriah Ganjar Pranowo. Msh ngotot nyapres 2024...??? Papua barometer Pilpres 2024...," ujar akun @Bengkeltanah201 serupa.

"Kasihan Pak Anies gk ada rakyat Papua mengelu-elukan & menyambut kedatangannya... Sangat beda dengan Pak Ganjar... Gubernur Rasa Presiden. Halaah.. Mau cari panggung.. Telat uda," tandas akun @alextham878.

Sebagai pengingat, terkait komentar tendensius soal sebutan 'Gubernur rasa presiden' atas Ganjar di atas, Anies pun juga sempat disebut sebagai 'Gubernur rasa presiden' oleh salah satu pendukungnya, tepatnya saat Anies mengunggah dirinya tengah menyantap gudeg yang dijual pedagang kaki lima pada akun Instagram-nya pada Maret lalu.

"Makan gudeg gub rasa presiden," komentar akun @dwie_ortega, dikutip Selasa (12/10/2021).

"Tetep santuy bercengkrama dengan warganya tanpa pengawalan yg heboh. Semoga sehat selalu pak Anies Baswedan...Bismillah next Presiden yaa pak...Biar seluruh rakyat Indonesia bangga punya pemimpin cerdas, amanah & bersahaja tapi prestasi kelas Internasional," tulis akun Nelly Bunda Q-Na, dikutip Selasa (12/10/2021).

Adapun hal tersebut menyatakan bahwa keduanya, baik Ganjar maupun Anies sama-sama didukung untuk maju pada Pilpres 2024 mendatang nanti oleh masing-masing pendukungnya.

Baca Juga: Upss... Anies Ke Papua Tanpa Sambutan Meriah Beda dengan Ganjar, Netizen: Mereka Tau Mana yang Emas, Mana yang Emas-emasan!

Kembali ke soal perbandingan Anies dan Ganjar di Papua, seperti diketahui, sebelumnya Ganjar Pranowo melakukan kunjungan ke Papua sekitar minggu lalu dengan tujuan serupa, yakni meninjau atlet PON XX Papua. Kedatangan Ganjar tersebut sontak disambut meriah oleh sejumlah masyarakat Papua, khususnya masyarakat yang pernah menetap di Semarang sebelumnya dan merasakan kepemimpinan Ganjar. 

Banyak di antara mereka yang mengajak untuk berfoto ria dengan Ganjar, ia pun melayani mereka dengan ramah. Beberapa di antara mereka juga sempat bercakap-cakap dengan Ganjar dan mengungkapkan kekaguman mereka kepada Gubernur yang dikenal kharismatik tersebut.

"Saya senang sekali, karena masyarakatnya begitu ramah. Pokoknya, Papua i love you full," ungkap Ganjar saat itu merespons kehangatan warga Papua terhadapnya.

Adapun terkait Anies, sejumlah pendukungnya membelanya dari cibiran banyak netizen, salah satunya diutarakan oleh Rektor Universitas Ibnu Chaldun sekaligus pengamat politik Musni Umar. Menurutnya, Anies ke Papua bukanlah untuk kampanye pemilu, melainkan untuk memberikan semangat kepada kontingen PON DKI.

"Anies ke Papua bukan untuk kampanye pemilu tapi utk beri semangat ke Tim PON DKI. Pemilu 2024 masih jauh belum waktunya kampanye. Anies tidak punya partai yang memobilisir. Hanya punya nama dan prestasi," ujarnya mengomentari fenomena tersebut, dikutip Selasa (12/10/2021).

Hal ini direspons oleh salah satu pegiat media sosial terindikasi pendukung Ganjar, yakni Chusnul Chotimah. Ia menyindir pendapat sejenis yang disampaikan Musni Umar tersebut lewat cuitannya. 

"Waktu sy share bbrp video meriahnya rakyat Papua menyambut pak Ganjar, buzzer Anies kejang2, katanya Anies kalo kesana jg begitu tp untuk apa. Sekalinya Anies ke Papua dan dicuekin, buzzer Anies ngeles, Anies kesana bkn untuk kampanye, Ganjar ramai itu karena sdh diatur. Kadrun gila," cuitnya menyindir, dikutip Selasa (12/10/2021).

Baca Juga: Oh Mas Anies, Tiba di Papua, Tak Disambut Kaya Mas Ganjar, Ketahuan Nih Mana Emas, Mana Emas-emasan

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini