Juliari Divonis 12 Tahun Penjara, Lengkap Sudah Kebobrokan KPK, Seharusnya Dibui Seumur Hidup

Juliari Divonis 12 Tahun Penjara, Lengkap Sudah Kebobrokan KPK, Seharusnya Dibui Seumur Hidup Kredit Foto: Antara/Galih Pradipta

Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai putusan 12 tahun penjara kepada mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara terlampau ringan. Juliari semestinya  dibui seumur hidup.

Baca Juga: Sudah Korupsi Bansos, Menderita Dihina Rakyat, Dapat Vonis 12 Tahun, Muannas: Hukuman Juliari Masih Terlalu Ringan!

“Betapa tidak, melihat dampak korupsi yang dilakukan oleh Juliari, sangat pantas dan tepat untuk mendekam seumur hidup di dalam penjara,” kata peneliti ICW, Kurnia Ramadhana dalam keterangannya, Selasa (24/8/2021).

Bagi ICW, ada empat argumentasi yang dapat disampaikan untuk mendukung kesimpulan bahwa Juliari harus dihukum seumur hidup penjara. Pertama, Juliari melakukan kejahatan saat menduduki posisi sebagai pejabat publik.

“Sehingga berdasarkan Pasal 52 KUHP hukuman Juliari mesti diperberat,” tegas Kurnia.

Kedua, praktik suap bansos dilakukan di tengah kondisi pandemi Covid-19. Hal ini menunjukkan betapa korupsi yang dilakukan Juliari sangat berdampak, baik dari segi ekonomi maupun kesehatan, terhadap masyarakat.

Baca Juga: Jokowi Perpanjang PPKM Hingga 30 Agustus 2021

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover