Waspadai Fenomena LGBT di Citayam Fashion Week, Politisi PKS Sepakat Diadakan Pembinaan, Tapi Aparat Jangan Asal Tangkap!

Waspadai Fenomena LGBT di Citayam Fashion Week, Politisi PKS Sepakat Diadakan Pembinaan, Tapi Aparat Jangan Asal Tangkap! Kredit Foto: times Indonesia.co.id

Anggota DPRD DKI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Suhud Alynudin menyarankan agar fenomena Citayam Fashion Week (CFW) ini bisa dijadikan momentum untuk memberi pembinaan kepada kelompok lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT).

Sebab kelompok itu kerap terlihat ikut mewarnai aktivitas yang biasa dilakukan oleh remaja SCBD (Sudirman Citayam Bojonggede Depok) di wilayah Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Suhud berharap pemerintah daerah bisa ikut terlibat dalam memberi pembinaan kepada kelompok tersebut.

"Dalam kaitan CFW, yang harus dilakukan oleh Pemda dan elemen keagamaan adalah melakukan pembinaan terhadap para remaja itu. Saya kira CFW harus dijadikan momentum pembinaan pada para remaja," kata Suhud saat dikonfirmasi Populis.id, Kamis (28/7/2022).

Baca Juga: Nggak Sepakat Kalau Dipindahkan, Model Citayam Fashion Week: Aku Lebih Setuju Disini, Bisa Bantu UMKM dan Nambah Pemasukan Pemerintah

Dalam hal ini, Suhud juga menyarankan agar aparat keamanan yang bertugas di CFW bisa diberi pemahaman yang benar mengenai kelompok LGBT sehingga tidak asal tangkap dan membubarkan.

"Karena, pria yang tampak kemayu belum tentu termasuk pelaku LGBT. Begitu juga sebaliknya yang perempuan tomboi belum tentu dia setuju LGBT. Jadi, jangan asal tangkap dan larang. Apalagi menggunakan cara-cara kekerasan," katanya.

Menurut Suhud, kelompok LGBT yang sudah layak ditangkap adalah mereka yang memang secara sengaja telah mengumbar di muka publik terkait perilakunya yang menyimpang.

"Yang harus dilakukan tindakan tegas adalah pada orang-orang yang secara terang-terangan mempertontonkan perilaku LGBT di muka publik secara vulgar," jelasnya.

Baca Juga: Tak Gegabah Tentukan Nasib Citayam Fashion Week, Wakilnya Anies: Kita kan Perlu Waktu

Sebelumnya, Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat, Abdul Salam menyebut pria-pria kemayu yang kerap hadir di Citayam Fashion Week merupakan warga kelompok penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

Karena keberadaanya yang semakin marak, Abdul pun bersedia untuk memberikan sedikit pembinaan dengan merujuk ke panti-panti yang sudah tersedia.

"Mereka akan dimasukin ke panti kedoya nanti mereka di-assessment nanti akan dirujuk ke panti-panti yang memang sesuai dengan jenis PMKS-nya," kata Abdul kepada wartawan, Senin (25/7/2022).

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover