Orang Istana Jadi Timsel KPU-Bawaslu, Pak Jokowi Beneran Mau Tiga Periode?

Orang Istana Jadi Timsel KPU-Bawaslu, Pak Jokowi Beneran Mau Tiga Periode? Kredit Foto: Instagram Jokowi

Pendiri lembaga survei KedaiKOPI sekaligus pengamat politik Hendri Satrio menyentil Presiden Joko Widodo yang menunjuk orang-orang istana menjadi Tim Seleksi  (Timsel) KPU dan Bawaslu.

Dia menegaskan, penunjukan orang-orang di dalam lingkaran kekuasan itu memberi kesan seolah-olah Jokowi ingin menjabat satu periode lagi. 

Baca Juga: Jokowi Lantik Megawati Jadi Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi

“Ini, kan, seakan-akan Pak Jokowi sengaja menunjuk orang-orang Timsel agar merekrut orang-orang yang akan memilihnya menjadi presiden lagi,” kata Kunto Rabu (13/10/2021).

Adapun orang-orang istana yang didapuk menjadi pansel KPU – Bawaslu ini,adalah Juri Ardiantoro, Bahtiar, Edward Omar Sharif Hiariej, dan Poengky Indarty.

Menurut Kunto tokoh-tokoh yang dipilih Jokowi untuk menjadi timsel itu memang punya kemampuan mumpuni terkait penyelenggaraan pemilihan umum, hanya saja netarlitas mereka akan menjadi pertanyaan besar.

Baca Juga: Prabowo Subianto Masuk Kabinet Jokowi Untuk Mendekati PDIP

“Apakah orang-orang ini punya kapabilitas? Ya tentu saja, tapi apakah mereka sarat akan kepentingan? Itu yang dipertanyakan oleh banyak orang,” tuturnya.

Kunto mengatakan, lantaran ke empat orang telah didapuk menjadi timsel KPU-Bawaslu, maka sebaiknya masyarakat mempercayakan saja urusan pemilu pada 2024 mendatang kepada, mereka, jika terbukti ada indikasi kecurangan, baru masyarakat bisa memprotesnya.

Baca Juga: Jokowi Dirongrong Mundur, Rizal Ramli Auto Dikatain PDIP: Kerjanya Nyinyir sama Ngebacot Terus!

“Ya mau senetral apa? Yang kita harapkan, kan, integritas dari setiap orang sajapada akhirnya. Jadi kalau saran saya percayakan saja terlebih dahulu kepada Timsel yang sudah dibentuk Pak Jokowi,” ujarnya.

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini