Astaga Naga! Anak Buah Anies Baswedan Diduga Lecehkan Ibu Hamil

Astaga Naga! Anak Buah Anies Baswedan Diduga Lecehkan Ibu Hamil Kredit Foto: Unsplash/Dev

Seorang Ibu Hamil berinisial E  diduga mengalami pelecehan oleh tenaga kesehatan Puskesmas, Tambora, Jakarta Barat.  Kejadian ini viral di media sosial setelah korban menceritakan peristiwa pelecehan verbal itu di  Instagram @lets.talkandenjoy.

Baca Juga: Salut Dengan Perjuangan di Tengah Pandemi, Ini Ungkapan Mas Menteri untuk Para Guru Indonesia

Dalam postingan itu, E menceritakan  kejadian terjadi pada Jumat, 1 Oktober 2021, dia mengaku peristowa itu berumla ketika  salah satu bidan menanyakan keberadaan suaminya. Karena ia tak memiliki suami, lantas E menjawab akan menunggu teman-temannya datang menemani.

"Lalu bidan tersebut langsung sangat marah dan langsung jutek dan dengan nada ketus dan tinggi langsung seperti menyerang saudara saya," tuturnya dikutip Populis.id Rabu (13/10/2021).

Terkait hal ini, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Jakarta Widyaatuti menyebutkan, bahwa tenaga kesehatan (nakes) itu melakukan pelayanan sesuai prosedur. 

"Itu tim kita sudah lakukan sesuai SOP mempertanyakan. Jadi gini didalam suatu pelayan kesehatan ada langkah-langkah penegakkan diagnosa," ucapnya, Rabu (13/10/2021). 

Baca Juga: Mas Anies, Mas Anies, Ditanya Rencana 2022, Eh Malah Jawab: Mau Musim Hujan, Kita Kerjakan Itu Dulu

"Mulai dari anamnesa (wawancara), pemeriksaan fisik dan nanti apa keputusannya, pemeriksaan penunjang," tambah Widyastuti. 

Lebih lanjut, Widyastuti menjelaskan, wawancara yang dilakukan setiap nakes harus mendalam sesuai dengan standar dan prosedur. Hal itu dilakukan jikalau menemukan kecurigaan terhadap gejala tertentu. 

"Apabila di dalam pemeriksaan fisik ditemukan suatu kecurigaan terhadap suatu kasus tertentu atau gejala tertentu, itu diperdalam dalam anamnesa," ungkapnya. 

Kendati demikian, anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini tak membenarkan ataupun membantah terkait adanya isu pelecehan seksual oleh nakes yang dilakukan pada ibu hamil tersebut. 

Baca Juga: Ibu Kota Berpotensi Dihadang Hujan Ekstrem, Warga Jakarta, Dengar Baik-Baik Pesan Gubernur Anies: Waspada!

"Pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan yang ditemukan di lapangan. Sesuai dengan anamnesa dan gejala klinis yang sesuai dengan di lapangan," tandas Widyastuti.

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini