Megawati Jadi Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi, PKS Beri Kritikan

Megawati Jadi Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi, PKS Beri Kritikan Kredit Foto: Instagram/Megawati Soekarno Putri

Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto memberikan kritikan soal pelantikan Ketua Dewan Pengarah Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kondisi ini, menurut saya, membuka lebar peluang politisasi riset," kata Mulyanto melalui keterangan persnya, Rabu (13/10).

Baca Juga: Hayo... Senggol Megawati Anak Buahnya Pasang Badan Nih, Anak Buah AHY Disentil

Menurut wakil ketua Fraksi PKS itu, para ahli sudah meminta Presiden Jokowi  mengevaluasi kebijakan menjadikan anggota Dewan Pengarah BPIP secara ex-officio sebagai ketua Dewan Pengarah BRIN.

Namun, kata dia, Presiden Jokowi bergeming dan tidak memperhatikan masukan para ahli. Megawati pun akhirnya tetap dilantik sebagai ketua Dewan Pengarah BRIN.

"Menurut saya, pemerintah memaksakan diri, karena  pembangunan riset dan inovasi terpaut jauh dengan BPIP," ungkap Mulyanto.

Baca Juga: Jokowi Lantik Megawati Jadi Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi (BRIN). Pelantikan tersebut dilakukan di Istana Negara, Rabu (13/10/2021).

Adapun, pelantikan tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) nomor 45/2021 Tentang Pengangkatan Keanggotaan Dewan Pengarah badan riset dan inovasi (BRIN).

Baca Juga: Demokrat Sampai Geleng-geleng Lihat Jokowi Hamburkan APBD Buat Proyek Kereta Cepat

“Demi Allah saya bersumpah.Bahwa saya akan setia kepada UUD tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Jokowi yang diikuti Megawati dan anggota BRIN yang dilantik.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, Bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” tambahnya.

Lihat Sumber Artikel di JPNN Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan JPNN. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab JPNN.

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini