6 Daftar Partai Politik Yang Berkasnya Dinyatakan Lengkap, Ada Siapa Aja Ya?

6 Daftar Partai Politik Yang Berkasnya Dinyatakan Lengkap, Ada Siapa Aja Ya? Kredit Foto: Antara/Reno Esnir

Tercatat hari ini 01 Agustus 2022 pendaftaran partai politik ke KPU (Komisi Pemilihan Umum) resmi dibuka hingga 14 Agustus 2022. Terpantau ada 9 partai politik yang mendaftar hari ini. Dari 9 partai tersebut, ada beberapa partai yang berkasnya dinyatakan lengkap, ada siapa aja ya? 

9 partai politik yang mendaftar hari ini ada PDI-Perjuangan, Partai Keadilan dan Persatuan, Partai Reformasi, Partai Nasdem, Partai Prima, Partai PBB, Partai Perindo, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). 

Dari 9 partai tersebut, beberapa partai politik berkasnya dinyatakan lengkap, yaitu: 

  • Partai Perindo 

Komisi pemilihan umum (KPU) menyatakan 6 dari 9 partai politik yang mendaftar hari ini berkasnya dinyatakan lengkap. Partai Perindo adalah salah satu partai yang berkasnya telah lengkap. 

Partai Perindo datang ke KPU dipimpin oleh Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo. Rombongan Perindo datang pada pukul 10.20 WIB dan lengkap menggunakan pakaian berwarna putih dan biru khas Perindo. Pun Perindo menargetkan akan mencapai 60 kursi di DPR RI. 

  • PDI-Perjuangan

Selanjutnya, komisi pemilihan umum (KPU) juga menyatakan berkas dari PDI-Perjuangan dinyatakan lengkap. Rombongan DPP PDIP dipimpin oleh Sekjen Hasto Kristiyanto serta didampingi pengurus lainnya yaitu Bambang Wuryanto (Ketua DPP Partai Bidang Pemenangan Pemilu), Utut Adianto (Wakil Sekjen Bidang Internal) dan Arif Wibowo (Wakil Sekjen Bidang Pemerintahan).

Rombongan PDI-Perjuangan tiba di kantor KPU pada pukul 07.55 WIB dengan menggunakan pakaian khas partai PDI-Perjuangan yakni pakaian berwarna merah. PDI-Perjuangan menjadi partai politik pertama yang mendaftar. 

  • PKS 

PKS juga menjadi partai politik yang berkasnya sudah dinyatakan lengkap oleh komisi pemilihan umum (KPU). PKS pun juga turut memasukan 3 wilayah baru di Papua dan masuk ke dalam verifikasi. 

Rombongan PKS tiba di kantor KPU pada pukul 07.15 dan izinkan masuk pada pukul 07.36 WIB. Rombongan dipimpin langsung Presiden PKS Ahmad Syaikhu, didampingi Sekretaris Jenderal Habib Aboe Bakar Al Habsyi dan Bendahara Umum Mahfudz Abdurrahman. Proses palang pintu juga melengkapi kedatangan rombongan PKS. 

  • NasDem 

NasDem juga menjadi partai yang berkas pendaftarannya telah dinyatakan lengkap oleh komisi pemilihan umum (KPU). Rombongan NasDem tiba di kantor KPU pada pukul 09.38 WIB dan dipimpin oleh Sekretaris Jenderal DPP Partai NasDem Johnny G Plate, Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP, H Ahmad Ali, dan Prananda Surya Paloh.

Baca Juga: PDIP Daftarkan Diri ke KPU dengan Berjalan Kaki, Hasto: Simbol Semangat Membangun Indonesia

Terpantau kader NasDem mendatangi kantor KPU dengan menggunakan pakaian yang senada khas partai NasDem dan membawa bendera partai NasDem dan bendera merah putih. Setelah selesai mendaftar, NasDem pede akan masuk dua besar pemenang pemilu 2024. 

  • PBB 

PBB alias Partai Bulan Bintang menjadi partai yang berkasnya telah dinyatakan lengkap oleh KPU. Rombongan PBB tiba di kantor KPU pada pukul 09.30 WIB dan diperkenankan masuk ke KPU pada pukul 10.50 WIB. 

Rombongan PBB datang ke KPU menggunakan pakaian yang senada yakni pakaian berwarna putih diperlengkap dengan atribut berwarna hijau. Rombongan pengurus PBB yang hadir yaitu Sekretaris Jenderal PBB Afriansyah Ferry Noor dan Wakil Ketua Umum Norman Zainal, beserta jajaran pengurus lainnya. PBB pun menargetkan 25 kursi di DPR RI.

  • PKP 

PKP alias Partai Keadilan dan Persatuan juga menjadi partai yang berkasnya dinyatakan lengkap oleh KPU. PKP dihadiri oleh Yussuf Solichien didampingi sejumlah jajaran lainnya, di antaranya Sekjen PKP Irjen Pol (Purn) Syahrul Mamma, pengurus DPN PKP dan beberapa Ketua DPP PKP Provinsi.

Baca Juga: Hari Pertama Pendaftaran Peserta Pemilu, KPU: Ada Sembilan Parpol yang Daftar

Kelengkapan dokumen berdasarkan pemeriksaan berkas yang diunggah dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Setelah berkas lengkap, proses selanjutnya adalah verifikasi administrasi yang rencananya akan dilaksanakan besok. 

Baca Juga: Jokowi Ngumpul Bareng Relawan di GBK, Murid Tertua Rizieq Ngomel-ngomel: Biayanya dari Mana Tuh? Mending Buat Korban Gempa Cianjur!

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover