Baru Dilantik Jokowi, PKS Sudah Curiga Ibu Mega Bakal Politisasi Bakal Riset

Baru Dilantik Jokowi, PKS Sudah Curiga Ibu Mega Bakal  Politisasi Bakal Riset Kredit Foto: Aditya Pradana Putra

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengkritik keras langkah Presiden Joko Widodo menunjuk ketua umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri menjadi ketua Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Baca Juga: Suara Lantang Orang NU Teriak-teriak ke Jokowi-Megawati: Ini Skandal Pengetahuan!

Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI Mulyanto mengaku, langkah Jokowi menunjuk Megawati menjadi orang nomor satu di BRINmembuka ruang politisasi riset. Sebab sebagai ketua, kata Mulyanto, Megawati punya kuasa penuh terhadap lembaga itu.

"Dengan kondisi ini, menurut saya, terbuka lebar peluang politisasi riset. Apalagi Ketua Dewan pengarah BRIN memiliki kewenangan yang lumayan besar, termasuk membentuk satuan tugas khusus," kata Mulyanto dalam keterangannya, Kamis(14/10/2021).

Menurut Mulyanto, para ahli sebelumnya telah meminta Presiden Jokowi untuk meninjau ulang penunjukan Megawati sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN. Mulyanto sendiri merupakan anggota Komisi VII DPR yang bermitra dengan BRIN.

Baca Juga: Orang Istana Jadi Timsel KPU-Bawaslu, Pak Jokowi Beneran Mau Tiga Periode?

"Ternyata Presiden Jokowi tidak memperhatikan masukan para ahli tersebut dan tetap melantik Ketua Dewan Pengarah BRIN dari Dewan Pengarah BPIP. Menurut saya, pemerintah memaksakan diri, karena pembangunan riset dan inovasi terpaut jauh dengan BPIP," sesalnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi (BRIN). Pelantikan tersebut dilakukan di Istana Negara, Rabu (13/10/2021).

Adapun, pelantikan tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) nomor 45/2021 Tentang Pengangkatan Keanggotaan Dewan Pengarah badan riset dan inovasi (BRIN).

Baca Juga: Demokrat Sampai Geleng-geleng Lihat Jokowi Hamburkan APBD Buat Proyek Kereta Cepat

“Demi Allah saya bersumpah.Bahwa saya akan setia kepada UUD tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Jokowi yang diikuti Megawati dan anggota BRIN yang dilantik.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, Bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” tambahnya.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini