Kecam Tindakan Aparat Polisi yang Banting Mahasiswa, Ketua PA 212 Ngadu Ke Kapolri

Kecam Tindakan Aparat Polisi yang Banting Mahasiswa, Ketua PA 212 Ngadu Ke Kapolri Kredit Foto: screencapture

Ketua Presidium Alumni (PA) 212 Aminudin menyoroti adanya dugaan tindak kekerasan Polisi kepada mahasiswa di Tangerang, Banten. 

Aminudin meminta Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo untuk mengusut tuntas tindak represif dari aparat kepolisian itu.

"Kekerasan yang diduga dilakukan oknum itu kepada para mahasiswa harus diusut tuntas Kapolri Listyo," kata dia dilansir dari genpi yang dikutip pada Kamis (14/10/2021).

Baca Juga: Polisi Banting Mahasiswa, Komnas HAM: Usut Tuntas dan Berikan Sanksi Tegas!

Ia menilai, tindakan aparat itu juga sangat menunjukkan sikap yang tidak baik saat mengamankan demo. Sehingga, aparat sepatutnya mengikuti arahan Kapolri untuk mengayomi masyarakat, termasuk mahasiswa. 

"Saya jelas mengecam tindak represif aparat yang seharusnya tidak membiarkan ini terus terjadi di Indonesia," tutur dia. 

Sebelumnya, sekelompok mahasiswa demo di depan Kantor Bupati Tangerang pada Rabu (13/10/2021). Aksi oknum polisi terekam kamera dan telah beredar di media sosial.

Dalam video memperlihatkan polisi berpakaian hitam membanting seorang peserta demo. Mahasiswa yang dibanting pun langsung kejang-kejang.

Baca Juga: Jadi, Benar Atau Tidak #PolisiTegasHumanis? Kok Mahasiswa Malah Di-Smackdown?

Dikabarkan bahwa bentrok antara polisi dan mahasiswa terjadi saat unjuk rasa sejumlah mahasiswa dalam HUT Kabupaten Tangerang ke-389 di kawasan Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Tigaraksa.

Bentrokan yang terjadi antar mahasiswa dan petugas kepolisian itu berawal saat sejumlah mahasiswa hendak masuk ke dalam Gedung Bupati Tangerang. Namun, aparat yang sudah berjaga menghadang mahasiswa yang ingin masuk.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini