Terkuak! Beras Bansos yang Viral Milik JNE, Kuasa Hukum: Semua yang Rusak Sudah Kita Ganti!

Terkuak! Beras Bansos yang Viral Milik JNE, Kuasa Hukum: Semua yang Rusak Sudah Kita Ganti! Kredit Foto: ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Kuasa Hukum JNE Anthony Jono menegaskan kalau beras yang dikubur di Jalan KSU, Tirtajaya, Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, bukan beras bansos dari presiden. Beras itu merupakan beras milik JNE.

"Setelah beras dari gudang Bulog diambil, dalam perjalanan ada yang kena hujan sehingga itu biasa lah basah, ada berjamur, itu sudah tidak layak konsumsi," kata Anthony di lokasi dikuburnya beras di Depok, Jawa Barat, Rabu (3/8/2022).

Baca Juga: Roy... Roy... Udah Dikasih Kesempatan Gak Ditahan, Eh Jadi Tersangka Tapi Malah Touring! Masyarakat Bisa Nilai Sendiri Kan?

Menurut dia, tidak mungkin beras rusak disalurkan kepada masyarakat.

"Tidak mungkin beras rusak kita kasih kepada penerima manfaat. Jadi kami bertanggung jawab, kami ganti semua beras yang rusak. Ada nggak penerima manfaat yang komplain? Sampai hari ini tidak ada. Kami sudah ganti semua. Jadi, tidak ada kerugian sedikitpun," katanya.

Anthony mengatakan, ketika diambil dari gudang Bulog, ada stiker karena memang beras itu awalnya untuk dibagikan bansos.

"Tapi kan diperjalanan rusak. Ketika rusak, tentu kita pindahkan ke gudang, kita ganti lagi" ujarnya.

"Semua yang rusak sudah kita ganti dan terdokumentasi dengan baik," tegasnya.

Baca Juga: Banyak Aduan Roy Suryo Tidak Ditahan Usai Diperiksa Sebagai Tersangka, Eh... Tapi Bisa Touring, Zulpan: Ini Bukan Berarti Kasusnya Berhenti

Direktur Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis menyatakan, sedang menyelidiki adanya temuan beras yang dikubur.

"Mungkin teman-teman sudah bisa lihat semua. Kami sudah di lokasi yang kami lihat memang ada beras yang ditimbun di situ. Kita sepakat semua ya bahwa kita sudah cek lokasi, memang ada beras yang ditimbun," kata Auliansyah ketika melihat langsung beras bansos yang dikubur, di Depok, Rabu.

Ia menambahkan, karena masih proses penyelidikan, kepolisian belum bisa menyampaikan tentang beras itu.

“Nanti mungkin update hasil penyelidikan akan kami sampaikan," katanya.

Baca Juga: Mensos Risma Bongkar Penyebab JNE Timbun Beras Bansos: Kualitasnya Jelek Bos Karena Kehujanan...

Ia mengatakan, hasil sementara yang didapatkan dari keterangan JNE, ada 3,4 ton beras bansos yang dikubur. Untuk itu, kepolisian akan meminta ahli supaya tidak ada permasalahan yang timbul di kemudian hari. 

“Apakah itu hanya beras, atau ada yang lain, saya belum bisa jawab sekarang. Tapi yang terjadi hari ini, saya belum bisa memberi keterangan. Jadi saya minta waktu, mungkin nanti akan kami update,” kata dia.

Baca Juga: Jokowi Ngumpul Bareng Relawan di GBK, Murid Tertua Rizieq Ngomel-ngomel: Biayanya dari Mana Tuh? Mending Buat Korban Gempa Cianjur!

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover