Siapa Itu Johnny G. Plate? Menteri Kominfo yang Disorot Usai Memblokir Beberapa Situs

Siapa Itu Johnny G. Plate? Menteri Kominfo yang Disorot Usai Memblokir Beberapa Situs Kredit Foto: Akurat

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjadi sorotan masyarakat, terutama sang menteri, Johnny G Plate. Hal ini disebabkan, Kominfo menggalakan aturan terkait Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Dikarenakan aturan baru tersebut, beberapa situs besar seperti Steam hingga PayPal diblokir mulai Sabtu (30/7/2022) lantaran urung mendaftar ke Kominfo sebagai PSE Lingkup Privat.

Aturan tersebut juga tak lepas dari kehadiran sosok Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang mencanangkan penggalakan PSE , yakni Johnny Gerard Plate.

Baca Juga: Kominfo Akhirnya Buka Akses Lima PSE, Apa Saja Itu?

Lantas, siapa sosok Johnny G. Plate?

Sosok pebisnis sekaligus politisi tersebut lahir dengan nama Johnny Gerard Plate pada 10 September 1956 di Ruteng, Nusa Tenggara Timur.

Johnny dikaruniai dengan 3 orang anak dari pernikahannya bersama sang istri yang bernama Maria Ana.

Pendidikan

Sebelum mencicipi karier di bidang politik, Johnny terlebih dahulu berprofesi sebagai seorang pebisnis. Ilmu dan kiat-kiat berbisnis yang Johnny miliki didapatkan semasa kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta.

Ia lulus dan mendapatkan ijazah dari perguruan tinggi tersebut pada 1986. Usai lulus dari Atma Jaya, Johnny kemudian menekuni bisnis di bidang alat-alat perkebunan.

Tak cukup di situ, Johnny juga menjajal berbagai bidang bisnis sebelum akhirnya tertarik masuk ke dunia politik

Sepak Terjang Politik

Semasa duduk di bangku kuliah, Johnny tergabung dalam wadah aktivis mahasiswa yakni Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI).

Kemudian, rasa keinginan Johnny untuk menjajal dunia politik berangsur-angsur semakin bertambah melalui aktivisme tersebut.

Dikutip dari laman resmi Partai NasDem, kini Johnny menjabat sebagai Sekretaris Jendral, menemani sang ketua umum partai, Surya Paloh.

Adapun Johnny sebelumnya bergabung Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia (PKDI) pada 2013 dan menjadi ketua mahkamah sebelum pindah haluan ke NasDem.

Baca Juga: Marak Judi Online, Menkominfo: Total 534 Ribu Situs Kami Blokir!

Usai berkiprah di partai, Johnny mendapatkan kesempatan diangkat menjadi anggota DPR periode 2014-2019 dari Partai NasDem mewakili daerah pemilihan (Dapil) Nusa Tenggara Timur I. Tak cukup di situ, Johnny kembali terpilih menjadi ketua DPR usai Pemilu 2019.

Menkominfo

Perjalanan karier politik Johnny Plate menghantarkannya ke jabatan Menkominfo. 

Ia diangkat menjadi Menkominfo langsung oleh Presiden Jokowi pada 2019 menggantikan Rudiantara. Pada momen pengangkatannya, Johnny Plate banyak memberikan masukan terkait digitalisasi komunikasi dalam negeri.

Kini, Johnny tergabung bersama jajaran para menteri Kabinet Indonesia Maju.

Baca Juga: Rizal Ramli Bayar Orang untuk Habisi Gibran, Benarkah?

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover