KPU Keluhkan Anggaran Pemilu Belum Cair, Mardani: Optimalkan Uang yang Ada!

KPU Keluhkan Anggaran Pemilu Belum Cair, Mardani: Optimalkan Uang yang Ada! Kredit Foto: Akurat

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar transparan dalam pengusulan dan penggunaan anggaran Pemilu 2024.

Menurutnya, transparansi dapat membantu masyarakat mengetahui anggaran apa saja yang dikeluarkan.

"Masyarakat harus tahu dan paham anggaran apa saja yang dikeluarkan. Jadi transparansi mesti dikedepankan ketika pengusulan dan pengeluaran anggaran," ujar Mardani, Kamis (4/8/2022).

Baca Juga: Masuki Hari Keempat Pendaftaran Parpol, KPU Ternyata Hadapi Dua Kendala Ini

Selain itu, Anggota DPR ini meminta KPU untuk mengoptimalkan anggaran yang paling mendesak. "Prioritaskan pemenuhan anggaran untuk tahapan yang paling mendesak, optimalkan anggaran yang ada," ungkapnya.

Dia pun menyebut, meskipun anggaran Pemilu yang disetujui tidak sebanyak dengan yang diusulkan, KPU harus tetap mengupayakan agar kualitas tahapan Pemilu tidak menurun.

Sebelumnya KPU mengeluhkan anggaran Pemilu 2024 untuk sarana dan prasarana kantor belum dicairkan. Tak hanya itu, anggaran untuk mobilitas pun juga belum cair.

Baca Juga: Jika Terjadi Sengketa Pemilu Lapor ke Bawaslu Jangan ke Polisi!

"Memang kan kalau dana belum cair ya seret. Tapi, yang dioperasional yang belum dipenuhi itu di antaranya untuk sarana prasarana kantor, kemudian sarana mobilitas," ujar Ketua KPU Hasyim Asyari di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (3/8).

Hasyim menjelaskan sarana mobilitas itu digunakan untuk anggota KPU di lapangan dengan skema menyewa kendaraan bukan membeli.

"Pengalaman kita yang sudah-sudah itu kan sudah lama banget KPU menganggarkan dan bisa menyimpulkan lah kalau perlu mobilitas tapi anggaran nggak jalan itu jangankan jalan," ucap Hasyim.

Baca Juga: Label Gereja Dicopot Para Pengungsi Setelah Terima Bantuan, Bupati Cianjur: Labelnya Terlalu Menonjol, Tidak Benar Itu!

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover