Di Zaman Fitnah Ini, Ketua Muhammadiyah Bingung: Kalau Semua Amal Dipamerin ke Medsos, Malaikat Raqib dan Atid Kerjanya Ngapain?

Di Zaman Fitnah Ini, Ketua Muhammadiyah Bingung: Kalau Semua Amal Dipamerin ke Medsos, Malaikat Raqib dan Atid Kerjanya Ngapain? Kredit Foto: Unsplash/dole777

Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Ustadz Fathurrahman Kamal, khawatir dengan peralihan fungsi media sosial karena media tersebut banyak digunakan untuk amal kebajikan yang disombongkan.

Ustadz Fathur berseloroh, jika semua amal yang dikerjakan ditulis dan dipublish di media sosial maka pertanyaannya adalah malaikat Raqib dan Atid tugasnya sekarang apa, karena tugas mencatat amal sudah diwakili oleh media sosial.

Contohnya adalah pengajian-pengajian yang diselenggarakan lalu dipublish di medsos dan media digital lain. Semua amal kebajikan yang dilakukan tercatat di memori-memori perangkat digital. Di zaman fitnah ini, juga rawan menjadikan penceramah terpeleset karena dua sifat, yaitu ujub dan riya.

Padahal, ikhlas sebagai lawan dari sifat ujub atau ria/sombong merupakan ‘benteng tebal’ yang menahan manusia dari godaan syetan. Namun, karena dominannya sifat sombong pada diri manusia, menyebabkan benteng pertahanan manusia dari godaan syetan mudah jebol.

Baca Juga: Bharada E Resmi Jadi Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J, Nggak Disangka Deretan Barang Bukti Ini Jadi Saksi Bisu Tragedi Berdarah

“Pagi-pagi bikin status, tahajud dulu bro. Apa yang tidak diriakan oleh orang ?, kita di Muhammadiyah juga bisa kena penyakit ini pak," kata Fathur di acara Pengajian Ahad Pon yang diadakan PDM Kudus, Ahad (31/7/2022) seperti dinukil dari Muhammadiyah.or.id.

Lihat Sumber Artikel di Republika Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Republika.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover