Bharada E Bakal Bunuh Diri dan Disiksa di Tahanan? LPSK Buru-buru Desak Polri Lakukan Ini

Bharada E Bakal Bunuh Diri dan Disiksa di Tahanan? LPSK Buru-buru Desak Polri Lakukan Ini Kredit Foto: istimewa

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) meminta Polri untuk menjamin keamanan Bharada E usai ditetapkan menjadi tersangka atas kasus kematian Brigadir J alias Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat.

"Tujuannya supaya tidak ada intervensi dari pihak manapun untuk menekan keterangan-keterangan beliau," ujar Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo saat dihubungi di Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Selain itu, Hasto mengatakan kalau perlindungan oleh Polri dinilai penting untuk menjaga keselamatan Bharada E. Sebab, jangan sampai yang bersangkutan mengalami hal buruk, misalnya keracunan, melakukan upaya bunuh diri, penyiksaan di tahanan dan lain sebagainya.

"Harapan kami itu dilakukan oleh kepolisian," ujarnya.

Baca Juga: Bharada E Dikorbankan oleh Pihak Lain, Kuasa Hukum Brigadir J Minta Cek Rekeningnya: Dia Dibayar atau Disetor ke Keluarganya

LPSK menilai perlindungan terhadap Bharada E penting lantaran hal tersebut akan berkaitan langsung dengan proses, pengumpulan keterangan hingga proses peradilan bagi yang bersangkutan.

"Jadi yang bersangkutan ini harus dijaga betul," ucap Hasto.

Sebagai tambahan informasi, LPSK menjamin akan memberikan perlindungan kepada Bharada E meskipun yang bersangkutan hingga kini masih berstatus sebagai pemohon di lembaga tersebut.

Baca Juga: Terbongkar! Isi Chat Istri Irjen Ferdy Sambo kepada Brigadir J, Manis Banget!

Namun, untuk dilindungi oleh LPSK, Bharada E terlebih dahulu harus menyanggupi sebagai "justice collaborator" atau saksi pelaku yang bekerjasama dalam kasus kematian Brigadir J di rumah dinas Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Polisi Ferdy Sambo.

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Polisi Andi Rian Djajadi mengatakan Bharada E ditetapkan sebagai tersangka untuk kasus yang dilaporkan oleh kuasa hukum keluarga Brigadir J.

 Baca Juga: Beredar Isi Chat Istri Irjen Ferdy Sambo ke Brigadir J, Refly Harun Heran: Apakah Orang yang Sayang Tega Menghabisi dengan Cara Seperti Itu?

Dari hasil pemeriksaan 42 saksi, saksi ahli, uji balistik, forensik, dan kedokteran forensik termasuk penyitaan barang bukti sudah cukup untuk menetapkan Bharada E sebagai tersangka pada Pasal 338 tentang Pembunuhan dan Turut Serta.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Populis Discover

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Terkini