"Mengangkat Megawati Sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN Adalah Skandal Pengetahuan..."

"Mengangkat Megawati Sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN Adalah Skandal Pengetahuan..." Kredit Foto: Instagram/Megawati Soekarno Putri

Ketua Jaringan Islam Liberal (JIL) Ulil Abshar Abdalla mengkritik pengangkaran  Megawati menjadi Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) oleh Presiden Jokowi pada 13 Oktober 2021 kemarin.

Ia menyebut pengangkatan Megawati sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN merupakan skandal pengetahuan. 

"Bagi saya, mengangkat Megawati sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN adalah "skandal pengetahuan" di Indonesia," kata Ulil dari Twitter @ulil yang dikutip pada Kamis (14/10/2021).

Ulil menilai, Megawati merupakan sosok politik, bukan sosok riset dan pengetahuan yang tepat di BRIN. 

"Megawati adalah sosok politik, bukan sosok riset dan pengetahuan," katanya.

Baca Juga: Megawati Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN, Abdillah Toha: Semoga Tuhan Mengampuni Negeriku Ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi (BRIN). Pelantikan tersebut dilakukan di Istana Negara, Rabu (13/10/2021).

Adapun, pelantikan tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) nomor 45/2021 Tentang Pengangkatan Keanggotaan Dewan Pengarah badan riset dan inovasi (BRIN).

Baca Juga: Diserang Sana-sini Gegara Megawati Jabat Ketua BRIN, PDIP : Pemerintah Ingin Kegiatan Riset dan inovasi Berpedoman pada Pancasila

“Demi Allah saya bersumpah.Bahwa saya akan setia kepada UUD tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Jokowi yang diikuti Megawati dan anggota BRIN yang dilantik.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, Bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” tambahnya.

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini