KPU: 12 Parpol Daftar Peserta Pemilu, Baru 9 Partai Dinyatakan Berkasnya Lengkap

KPU: 12 Parpol Daftar Peserta Pemilu, Baru 9 Partai Dinyatakan Berkasnya Lengkap Kredit Foto: Akurat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan bahwa sebanyak 12 partai politik (Parpol) telah mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2024.

Dari 12 Parpol yang mendaftar, baru sembilan yang dokumen dan berkasnya resmi dinyatakan lengkap. Adapun tiga partai lainnya masih harus melengkapi dokumen/berkas.

"Dengan demikian, parpol yang sudah mendaftar ke KPU dan dokumennya dinyatakan lengkap itu ada sembilan (parpol), dari 12 (parpol) pendaftar," ucap Ketua Divisi Bidang Teknis KPU RI Idham Holik di Gedung KPU RI, Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Baca Juga: KPU Hanya Butuh Waktu 58 Menit untuk Menyatakan Berkas Pendaftaran Partai Demokrat Lengkap

Idham menerangkan, tiga partai yang masih harus melengkapi dokumen/berkasnya adalah Partai Reformasi, Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), dan Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai).

"Posisinya masih sama, yakni tiga parpol itu ditunggu sampai 14 Agustus 2022, hingga pukul 23.59 WIB untuk melakukan kelengkapan berkas," tegas dia.

Sementara itu, sembilan parpol yang sudah resmi dinyatakan lengkap oleh KPU, berhak melanjutkan ke tahap verifikasi administrasi. Pada tahapan ini, KPU akan mengecek keabsahan dokumen/berkas yang diunggah ataupun diserahkan oleh partai politik.

Baca Juga: Kubu Moeldoko Legowo Lihat AHY Daftarkan Demokrat ke KPU, Tapi Belum Tentu AHY Pimpin Partai Hingga 2024

Setelah masa pendaftaran resmi ditutup pada 14 Agustus 2022, KPU akan mengumumkan parpol yang lolos verifikasi administrasi dan berhak mengikuti verifikasi faktual.

Dalam verifikasi faktual, KPU akan mengecek langsung ke lapangan terkait sejumlah persyaratan. Beberapa di antaranya adalah keterwakilan di 34 provinsi, 75 persen kabupaten/kota, dan 50 persen kecamatan.

Berikut ini daftar partai politik yang telah mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 hingga Jumat (5/8/2022):

Parpol yang berkasnya dinyatakan lengkap

  1. PDIP
  2. PKP
  3. PKS
  4. Perindo
  5. Partai NasDem
  6. PBB
  7. PKN
  8. Partai Garuda
  9. Partai Demokrat

Parpol yang berkasnya dinyatakan belum lengkap

  1. Partai Reformasi
  2. Prima
  3. Pandai.

Lihat Sumber Artikel di Akurat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Populis Discover

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Terkini