Perubahan Nama Rumah Sakit Sudah Diwacanakan Sebelum Covid, Ketua Komisi E Beri Sedikit Catatan...

Perubahan Nama Rumah Sakit Sudah Diwacanakan Sebelum Covid, Ketua Komisi E Beri Sedikit Catatan... Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Iman Satria menyebut kebijakan perubahan nama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) menjadi 'Rumah Sehat Untuk Jakarta' sudah diwacanakan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sejak lama.

Politisi Partai Gerindra itu menilai Pemerintah Provinsi DKI sudah merancang perubahan itu sejak sebelum pandemi Covid-19 melanda. Sehingga ia meyakini bahwa perubahan nama rumah sakit yang kontroversial itu sudah melalui tahap kajian dan persiapan yang matang.

"Kalau yang saya pelajari ini memang sudah dipelajari dari sebelum Covid. Tapi karena ada Covid ini tertunda. Jadi, saya melihat ini bukan sesuatu yang dadakan, ini sudah terancang, cuma karena masalah waktu saja," kata Iman saat dikonfirmasi Populis.id, Jumat (5/8/2022).

Baca Juga: Ketua Komisi E Beri Pesan Buat Anies, Perubahan Nama Rumah Sakit Jangan Menyerempet ke Politis Dong

Terkait pemberian nama baru itu, Iman mempunyai beberapa catatan yang perlu dicermati baik-baik oleh Anies. Ia berharap kebijakan perubahan nama itu juga diiringi dengan peningkatan kualitas dan fasilitas, agar masyarakat bisa lebih merasakan dampak dari kebijakan tersebut.

"Saya hanya memberi catatan untuk meningkatkan service, tingkatkan pelayanan sehingga masyarakat melihat perubahan ini bermakna," tukasnya.

Lebih lanjut, Iman sendiri mengaku tidak mempermasalahkan soal perubahan nama 'Rumah Sakit' menjadi 'Rumah Sehat'. Ia sendiri berharap dengan perubahan nama itu masyarakat bisa menjadi tidak takut untuk mengunjungi rumah sakit.

"Dengan berubah nama jadi rumah sehat itu juga ya masyarakat jadi enggak takut ke sana, unsur psikologisnya di sana, secara keseluruhan oke aja," tukasnya.

Baca Juga: Bukan Tentang Kualitas, Perubahan Nama Rumah Sakit Cuma Jadi Bahan Pencitraan Anies Jelang Lengser!

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah resmi mengganti nama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) menjadi Rumah Sehat. Pergantian nama itu akan diterapkan di seluruh RSUD yang ada di lima wilayah Jakarta.

Anies menjelaskan, perubahan nama itu dimaksudkan untuk merubah mindset masyarakat Jakarta mengenai rumah sakit. Sebab selama ini rumah sakit selalu diidentikan sebagai tempat bagi orang-orang yang sakit saja.

“Selama ini rumah sakit kita berorientasi pada kuratif dan rehabilitatif, sehingga datang karena sakit lalu ke rumah sakit untuk sembuh, untuk sembuh itu harus sakit dulu, sehingga tempat ini menjadi tempat orang sakit,” kata Anies di di RSUD Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (3/8/2022).

Populis Discover

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Terkini