Jadi Narapidana Kasus Meme Stupa Borobudur, Roy Suryo Fiks Nggak Bisa Bilang Ambyar Lagi

Jadi Narapidana Kasus Meme Stupa Borobudur, Roy Suryo Fiks Nggak Bisa Bilang Ambyar Lagi Kredit Foto: Achmad Rizki Muazam

Polda Metro Jaya telah menahan Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo usai menjalani pemeriksaan oleh  penyidik Subdit Siber Ditreskrimum. Roy ditahan karena dikhawatirkan akan menghilangkan barang bukti.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan ada beberapa barang bukti yang ikut disita terkait penahanan ini. Pertama yaitu akun Twitter Roy Suryo, di mana akun media sosial ini kerap dipakai Roy untuk menyampaikan pandangan. Dalam semua cuitannya Roy kerap menyertakan kata ‘ambyar’ di akhir tulisannya. 

Baca Juga: Nahloh, Komnas HAM Kini Ragu Ada Pelecehan Seksual yang Dilakukan Brigadir J ke Istri Ferdy Sambo: Banyak yang Tidak Klop dan Tidak Logis!

"Beberapa barang bukti yang disita malam ini oleh penyidik terkait dengan tindak pidana ini diantaranya adalah akun Twitter saudara Roy Suryo, yang mana akun twitter ini juga digunakan untuk mengunggah yang menjadi persoalan pidana," kata Zulpan saat gelar konferensi pers, Jumat (5/7/2022) malam.

Roy Suryo dibuat makin tak berkutik karena handphone yang sehari-hari digunakannya juga ikut ditahan oleh kepolisian, begitupun dengan handphone saksi. Penyitaan ini dilakukan karena barang-barang tersebut berkaitan dengan tindak pidana yang dilakukan Roy Suryo.

"HP saudara Roy Suryo juga disita, kemudian HP dari saksi atas nama Ade Suhendrawan juga dilakukan penyitaan," katanya.

Terkait penahanan ini, Roy Suryo akan ditahansementara waktu hingga 20 hari ke depan. Roy mulai menginap di Rutan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya per malam tadi.

Adapun pasal yang disangkakan terhadap tersangka Roy Suryo adalah pasal 28 ayat 2 juncto pasal 45 ayat 2 nomor 19 tahun 2016 tentang ITE. Dalam pasal ini Roy berpotensi untuk dikurung hingga enam tahun.

"Dimana dalam aturan UU dan pasal ini pidana yang dikenakan pada tersangka, ancamannya paling lama 6 tahun penjara atau denda Rp 1 miliar" jelasnya

Baca Juga: Girang Roy Suryo Ditahan, Ferdinand: Apa Ku Bilang, Saya Mengucapkan Terima Kasih dan Apresiasi Kepada Institusi Polri

Kemudian Roy juga dikenakan  pasal 156 a KUHP, dengan ancaman pidana 5 tahun penjara, dan yang ketiga adalah pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dengan hukuman penjara setinggi-tingginya dua tahun penjara.

Populis Discover

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Terkini