Dijerat Pasal Berlapis, Mas Roy Suryo Terancam 6 Tahun Penjara, Siap-siap Rebahan Sampai Bosan

Dijerat Pasal Berlapis, Mas Roy Suryo Terancam 6 Tahun Penjara, Siap-siap Rebahan Sampai Bosan Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo terancam enam tahun penjara atas kasus penistaan agama gara-gara mengungah meme stupa Candi Borobudur di akun twitternya. Pakar telematika itu dijerat pasal berlapis karena pernbuatannya tersebut. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol E Zulpan menyebutkan, Roy Suryo terjerat pasal 28 ayat 2 juncto pasal 45 ayat 2 Undang-Undang nomor 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Baca Juga: Jadi Narapidana Kasus Meme Stupa Borobudur, Roy Suryo Fiks Nggak Bisa Bilang Ambyar Lagi

"Di mana dalam aturan UU dan pasal ini pidana yang dikenakan pada tersangka, ancamannya paling lama enam tahun penjara atau denda Rp1 miliar,” kata dia dalam keterangannya yang dikutip pada Sabtu (6/8/2022).

Selain itu, Roy juga dikenakan pasal 28 ayat 2 jucto pasal 45 ayat 2 Undang-undang RI nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-undang RI nomor 11 tahun 2008 tentang ITE.

"Pasal 156 A KUHP dengan ancaman lima tahun penjara," jelas Zulpan.

Kemudian, Roy juga dikenakan pasal 15 Undang-Undang nomor 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana, dengan hukuman penjara setinggi-tingginya dua tahun penjara.

Baca Juga: Sangar! Pria Brewokan Berbadan Tegap Penuh Tato Kawal Ferdy Sambo, Ada yang Teriak-teriak Yakuza

Sebelumnya, Roy Suryo resmi ditahan di rumah tahanan (rutan) Polda Metro Jaya setelah menjalani pemeriksaan oleh penyidik atas kasus meme stupa menyerupai Jokowi itu mulai Jumat (5/8/2022) malam kemarin.

Zulpan pun menyebutkan bahwa penahanan terhadap pakar telematika tersebut dilakukan karena dikhawatirkan akan menghilangkan barang bukti. Roy ditahan di rutan Polda Metro Jaya selama 20 hari ke depan.

Lihat Sumber Artikel di Akurat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Populis Discover

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Terkini