Ini Penjelasan Polri Soal Isu 'Ferdy Sambo Ditangkap' hingga Ditempatkan di Mako Brimob Selama 30 Hari

Ini Penjelasan Polri Soal Isu 'Ferdy Sambo Ditangkap' hingga Ditempatkan di Mako Brimob Selama 30 Hari Kredit Foto: Taufik Idharudin

Polri menyebut mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo telah ditempatkan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, selama 30 hari. Sambo dibawa ke Mako Brimob usai diduga melanggar etik dalam kasus Brigadir J.

"Info dari Irsus (Inspektorat Khusus, red), betul 30 hari (penahanan Ferdy Sambo, red)," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (7/8/2022).

Baca Juga: Istri Ferdy Sambo Nangis di Depan Mako Brimob, Tersendat-sendat Berlirih: Saya Tulus Mencintai Suami Saya, Saya Mohon...

Ini dilakukan berdasarkan ketentuan dalam Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Kode Etik Profesi dan Komisi Kode Etik Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri).

Sebelumnya diberitakan, Ferdy Sambo diduga melanggar kode etik terkait penanganan olah tempat kejadian perkara (TKP) tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (8/7) lalu. Sambo disebut tidak profesional dalam menangani TKP di rumah dinasnya tersebut.

Baca Juga: Bharada E Gak Sendiri Pada Kasus Tewasnya Brigadir J, Ternyata... Ada Pelaku Lain Minta Perlindungan LPSK

Irsus Polri juga telah memeriksa sejumlah saksi dan menyatakan keterangan 10 saksi mengarahkan bahwa Sambo diduga melakukan pelanggaran terkait masalah ketidakprofesionalan dalam olah TKP.

Berdasarkan hal itu, Ferdy Sambo dipindahkan ke Mako Brimob Kelapa Dua Depok. Dedi mengatakan langkah tersebut sebagai upaya proses etik berjalan secara independen, akuntabel, dan cepat.

"Yang jelas komitmen Bapak Kapolri terkait kasus ini akan dibuka secara terang benderang dengan proses pembuktian secara ilmiah," ungkapnya.

Baca Juga: Alamak! Ada Tersangka Baru Lagi Kasus Tewasnya Brigadir J, Ajudan Istri Ferdy Sambo Terseret, Siapa Dia?

Namun, Dedi membantah kabar Sambo sudah menjadi tersangka dan ditangkap terkait kasus tersebut.

"Kalau tersangka itu, siapa yang mempersangkakan?. Ini 'kan Irsus. Makanya, jangan sampai salah," tuturnya.

Baca Juga: Ikut Sholat Tahajud, Habib Rizieq Shihab Tiba-tiba Muncul di Reuni 212!

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover