Juliari Batubara Layak Dimiskinkan!

Juliari Batubara Layak Dimiskinkan! Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Ketua Harian DPP Gerakan Indonesia Anti Korupsi (GIAK) Jerry Massie merespon vonis hukuman 12 tahun penjara mantan Menteri Sosial Juliari P Batubara karena terbukti terlibat dalam kasus korupsi bantuan sosial Covid-19 se-Jabodetabek tahun 2020.

"Saya nilai ini tak terlalu berat sesuai dengan perbuatannya yakni merampok duit Bansos dan menerima suap Rp32,4 miliar," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima populis.id pada Selasa (24/8/2021).

Menurutnya, ada tiga vonis yang membuat Juliari Batubara layak dihukum dengan hukuman setimpal. Apalagi karena korupsi.

"Pertama, seumur hidup, vonis mati atau paling lama 20 tahun penjara. Nah aspek keadilan tak di terapkan oleh Majelis hakim," ujarnya.

Maka, kata dia, seharusnya hukuman dengan perbuatan harus seimbang. Karena korupsi di tengah pandemi.

"Ada yang mempertanyakan putusan Hakim ini. Apakah mereka cari save (aman) atau apa?Nah kalau cara seperti ini juga kebanyakan remisi bagi koruptor saya yakin pemberantasan korupsi tak efisien dan efektif," paparnya.

Baca Juga: Sudah Korupsi Bansos, Menderita Dihina Rakyat, Dapat Vonis 12 Tahun, Muannas: Hukuman Juliari Masih Terlalu Ringan!

Ia mengatakan, Indonesia masuk dalam negara nomor 3 paling korup di Asia jadi harus ada perubahan khususnya masa hukuman bagi para koruptor. Kalau Juliari 12 tahun itu tak sebanding dengan perbuatannya.

"Jadi GIAK mendorong lembaga peradilan melakukan tugas dan wewenang sesuai dengan perbuatan pelaku agar UU TIPIKOR No. 31 Tahun 1999 itu tetap berdiri kokoh," katanya.

"Kalau tak diterima hukuman mati pilih saja miskinkan pejabat. Amerika Serikat pun melakukan hal yang sama. Berbeda dengan Korut, Taiwan, RRC dan Vietnam para koruptor tempatnya di dalam liang lahat. Mereka yang merampok duit rakyat maka pemerintah wajib merampas aset mereka semua," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover