Tambah 5 Partai yang Telah Memberi Berkas ke KPU, Berikut Daftar Partai-partai yang Mendaftar untuk Pilpres 2024

Tambah 5 Partai yang Telah Memberi Berkas ke KPU, Berikut Daftar Partai-partai yang Mendaftar untuk Pilpres 2024 Kredit Foto: Antara/Reno Esnir

Pemilihan Presiden atau biasa disingkat menjadi Pilpres biasanya dilaksanakan pada periode 5 tahun sekali. Pilpres yang sebentar lagi akan dilaksanakan kembali yaitu pada tahun 2024 mendatang tentu memiliki banyak partai politik yang mengajukan partai nya sebagai parpol calon peserta Pemilu 2024. Seperti huru hara pemilu yang terjadi saat tiga tahun lalu tepatnya di tahun 2019, pemilu tahun 2024 mendatang dirasa akan semakin menimbulkan pesta pemilu yang meriah.

Para kandidat parpol yang mendaftar untuk pemilu memiliki kekuatannya masing-masing. Yang mana dapat dikatakan, setiap partai politik yang ada mempunyai ciri khas serta pendukung yang setia menemani dari awal sampai akhir pemilu. Tidak heran jika nanti tiba saatnya pemilu dilaksanakan, banyak sekali pendukung dari masing-masing parpol melakukan dukungan kepada partai politik serta kandidat yang diusung untuk maju menjadi capres dan cawapres dari parpol tersebut.

Dukungannya pun bermacam-macam, mulai dari memasang spanduk parpol beserta foto capres dan cawapres pilihan, melakukan kegiatan bansos (bantuan sosial) kepada masyarakat, hingga doa bersama untuk kemenangan parpol serta kandidat yang diusung. Cara-cara tersebut dilakukan semata-mata sebagai dukungan agar pemilu dapat berjalan dengan lancar, jujur, dan transparan.

Baca Juga: Prabowo-Cak Imin Kompak Daftarkan Partai Masing-Masing Pada Pemilu 2024

Ketua umum KPU (Komisi Pemilihan Umum) Hasyim Asy’ari mengatakan periode pendaftaran untuk pemilu dilaksanakan mulai tanggal 1-14 Agustus 2022. Bagi para partai politik yang ingin mendaftar harap segera memberikan berkas pendaftaran berupa surat pendaftaran dan dokumen persyaratan lengkap ke KPU di tanggal yang telah ditentukan tersebut.

Selain itu pihak KPU akan melakukan proses verifikasi administrasi terhadap berkas-berkas para parpol yang telah mendaftar tersebut hingga tanggal 11 September 2022 mendatang. Lalu di tanggal 14 September 2022, KPU akan memberikan hasil verifikasi berkas kepada para parpol yang mendaftar. Dalam proses verifikasi tersebut, KPU akan memeriksa secara detail dan teliti terhadap berkas-berkas para parpol yang ada. Mereka akan mengecek keabsahan dan kelengkapan dari dokumen masing-masing partai politik tersebut.

Proses verifikasi dirasa menjadi proses terpenting dalam pengesahan berkas parpol untuk bisa maju menjadi peserta pemilu. Berkas yang ada harus benar-benar memenuhi persyaratan dan benar berkas asli untuk bisa lolos dalam tahap verifikasi tersebut. Terhitung sampai tanggal 08 Agustus 2022, sebanyak 18 partai politik telah mendaftar serta memberikan berkas ke KPU untuk maju ke pemilu 2024 mendatang. Ke 13 partai sudah mendaftar di awal tanggal periode dan 5 partai baru saja mendaftar di tanggal 08 Agustus ini.

Baca Juga: Daftarin Partainya ke KPU, Prabowo Nyebut-nyebut Angka Delapan, Apa Maksudnya?

Menurut berita yang beredar, ketua umum Partai Gerindra yaitu Prabowo Subianto serta ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yaitu Cak Imin, bersama-sama daftarkan partai nya untuk maju ke pemilu tahun 2024. Hal ini termasuk ke dalam 5 partai politik yang mendaftarkan parpol nya per tanggal 08 Agustus 2021.

Saat ini KPU telah merilis ke 18 partai politik yang telah mendaftarkan dirinya ke KPU. Namun belum semua partai politik sudah melengkapi berkas yang telah ditentukan sebagai persyaratan untuk maju menjadi peserta pemilu. Daftar para partai politik yang telah melengkapi berkas atau dinyatakan lengkap adalah sebagai berikut:

  1. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P)
  2. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
  3. Partai Bulan Bintang (PBB)
  4. Partai Keadilan dan Persatuan (PKP)
  5. Partai NasDem
  6. Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)
  7. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)
  8. Partai Demokrat
  9. Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora)
  10. Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda)
  11. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
  12. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
  13. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

Terdapat 13 partai yang dinyatakan telah melengkapi seluruh berkas persyaratan pemilu. Ke 5 partai yang belum lengkap berkasnya ialah:

  1. Partai Reformasi
  2. Partai Rakyat Adil dan Makmur (PRIMA)
  3. Partai Demokrasi Rakyat Indonesia (PDRI)
  4. Partai Negeri Daulat Indonesia (PANDAI)
  5. Partai Republikku Indonesia

Itulah partai-partai yang akan maju ke pemilu tahun 2024 mendatang. Kemungkinan masih ada partai-partai lagi yang akan ikut mendaftar dan menjadi peserta pemilu 2024. Berapa jumlah parpol yang akan memeriahkan pemilu 2024? mari kita tunggu sampai tanggal 14 Agustus 2022 mendatang.

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Populis Discover

Terkini