KIB Daftar Bareng ke KPU, PAN: Koalisi Sepenuh Hati

KIB Daftar Bareng ke KPU, PAN: Koalisi Sepenuh Hati Kredit Foto: Humas PAN

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan bahwa rencana KIB mendaftarkan diri ke KPU barengan adalah bentuk kesolidan jelang menghadapi kontestasi Pemilu 2024.

"Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat Indonesia bahwa koalisi di KIB adalah koalisi sepenuh hati, kompak, solid. Bukan hanya untuk pilpres 2024, tetapi akan berlanjut sampai di Pilkada bulan November 2024," ujar Viva saat dihubungi, Selasa (9/8).

KIB akan mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan diiringi pawai dan tarian tradisional. Termasuk hadirnya Sigit Purnomo Syamsuddin Said atau Pasha Ungu yang merupakan kader PAN.

Baca Juga: KIB Daftar Pemilu ke KPU Barengan Besok, Kumpul di Bundaran HI dan Diiringi Tarian Papua

"Ini momentum untuk menunjukkan ke publik bahwa KIB telah melengkapi persyaratan verifikasi administrasi 100 persen sebagai peserta pemilu," ujar Viva.

"Juga mendeklarasikan bahwa KIB telah siap menyongsong Pemilu 2024 dengan menjaga proses demokrasi agar berjalan secara konstitusional dan mewujudkan pemilu yang luber (langsung, umum, bebas, dan rahasia), jurdil (jujur dan adil), dan berintegritas," sambungnya.

Diketahui, KPU telah menerima 18 partai politik yang mendaftar sebagai peserta pemilu. Sebanyak 13 di antaranya sudah dinyatakan lengkap berkas dokumennya.

Baca Juga: KIB Daftar ke KPU Barengan, Airlangga Sebut Itu Bukti Kesolidan

Ke-13 partai tersebut adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Bulan Bintang (PBB). Lalu, Perindo, Partai Nasdem, dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

Selanjutnya adalah Partai Garuda, Partai Demokrat, dan Partai Gelombang Rakyat (Gelora). Terbaru ada Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerindra, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Adapun dari 13 partai politik tersebut, 10 di antaranya sudah memasuki tahapan verifikasi administrasi. "Khusus yang hari ini baru besok akan melangsungkan verifikasi administrasi," ujar Ketua Divisi Bidang Teknis KPU Idham Holik di Kantor KPU, Jakarta, Senin (8/8).

Baca Juga: Terungkap! Pelaku Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar Ternyata Eks Napi Nuskambangan, Baru Bebas September 2022

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover