Anak Kos Menjerit, Harga Mie Instan Diperkirakan Akan Naik 3X Lipat

Anak Kos Menjerit, Harga Mie Instan Diperkirakan Akan Naik 3X Lipat Kredit Foto: Pixabay

Harga minyak goreng perlahan-lahan mulai menurun dan mulai mendekati HET, namun di lain sisi harga mie instan diperkirakan akan meningkat 3x lipat dalam waktu dekat ini. Kira-kira apa penyebab harga mie instan naik? 

Makanan yang terbuat dari adonan tepung terigu ini memang merupakan makanan alternatif di kala tanggal tua. Harganya yang murah, penyajiannya yang mudah, dan rasanya yang enak membuat mie instan disukai banyak orang termasuk anak kost. Mendengar harga mie instan naik 3x lipat membuat anak kost menjerit. 

Baca Juga: Bercerai dengan Putri Zulhas, Boroknya Anak Amien Rais Terbongkar: Lakukan Penganiayaan Hingga Mabuk-mabukan..

Kabar dari naiknya harga mie instan di wanti-wanti oleh Syahrul Yasin Limpo selaku Menteri Pertanian. Pun beliau menjelaskan ada beberapa hal yang menyebabkan harga mie instan diperkirakan naik 3X lipat antara lain: 

  1. Imbas dari perang Ukraina dan Rusia
  2. Pasokan gandum langka
  3. Harga gandum mengalami kenaikan akibat perang Ukraina dan Rusia

Diketahui, Ukraina dan Rusia adalah dua negara penghasil gandum terbesar di dunia. Sekitar 30-40% dua negara ini menyuplai gandum ke berbagai dunia termasuk Indonesia yang masih impor gandum dari negara tersebut. Akibat adanya perang, membuat gandum tidak bisa keluar dan akhirnya pasokan gandum menjadi terhambat. Imbasnya harga gandum di pasar internasional turut naik dan membuat mie instan ikut naik dikarenakan bahan baku utama mie instan adalah gandum. 

Berapa Harga Mie Instan Saat Ini? 

Jika diperhatikan harga mie instan sudah terlihat naik sedikit demi sedikit. Dari pantauan, harga mie instan Indomie goreng naik dari Rp 3.000 menjadi Rp 3.500 di warung klontong. Untuk harga mie instan saat ini baik di toko retail maupun klontong masih dijual dengan harga yang sekarang. Soal stok pun masih tersedia aman dan normal. 

Kendati demikian, masyarakat dihimbau untuk tidak panic buying dengan memborong mie instan dalam jumlah yang banyak. Beli mie instan secukupnya, tidak perlu ber karton-karton untuk stok di rumah. Berkaca pada kenaikan minyak goreng, panic buying bisa mengganggu ketersediaan mie instan nantinya di pasaran. 

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini