Kabareskrim Dongkol Dengar 'Nyanyian' Pengacara Bharada E: Ditunjuk Suruh Mendampingi Malah Ngoceh Sana Sini, Nggak Fair!

Kabareskrim Dongkol Dengar 'Nyanyian' Pengacara Bharada E: Ditunjuk Suruh Mendampingi Malah Ngoceh Sana Sini, Nggak Fair! Kredit Foto: Taufik Idharudin

Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri, Komjen Agus Andrianto membantah jika pengacara dianggap telah membuat Bharada Eliezer mengakui dan mengungkapkan peristiwa sebenarnya. 

Agus mengklaim bahwa apa yang 'dinyanyikan' Bharada E adalah hasil kerja penyidik di Tim Khusus bentukan Kapolri. Menurutnya sejauh ini penyidik sudah bekerja keras agar peristiwa menjadi terang benderang tidak ada yang tertutup-tutupi. 

"Bukan karena pengacara itu dia (Bharada E) mengaku, karena apa yang dilakukan oleh penyidik, apa yang dilakukan oleh tim khusus," katanya setelah konferensi pers di Mabes Polri pada Selasa (09/08/2022).

Baca Juga: Irwasum Polri Ungkap Respon Bharada E Saat Diperiksa Timsus: Nggak Perlu Ditanya, Langsung Tulis Sendiri

Salah satu upaya yang dilakukan tim penyidik adalah dengan mendatangkan orang tua Bharada E ke Jakarta. Orang tua Eliezer diminta untuk memberikan bujukan agar terungkap fakta sebenarnya yang selama ini ia tidak berani ungkapkan.

"Yang dilakukan penyidik adalah upaya untuk membuat terang perkara. Maka datangkan orang tuanya, adalah upaya membuat dia tergugah, mengingatkan bahwa hukuman yang berat, jadi jangan tanggung sendiri," tuturnya. 

"Jadi dengan upaya itu, Bharada E secara sadar membuat pengakuan," sambung mantan Kapolda Sumatera Utara ini. 

Baca Juga: Bharada E Tembak Mati Brigadir J Gunakan Pistol Bripka RR, Ferdy Sambo Tembak Dinding, Begini Kejadiannya!

Maka ia mengingatkan agar pengacara untuk tidak banyak mengungkapkan hasil penyidikan ke publik. Apalagi seolah mengklaim bahwa pengakuan Bharada E merupakan hasil dari pekerjaan pengacara. 

"Jadi jangan ditunjuk sebagai pengacara untuk mendampingi pemeriksaan, terus ngoceh-ngoceh di luar, seolah-olah itu kerja dia. Ini kan nggak fair," tuturnya.

Baca Juga: Otaki Pembunuhan Brigadir J, Motif Ferdy Sambo Habisi Anak Buahnya Masih Diselidiki Polisi, Kapolri Sebut-sebut Nama Putri Candrawathi

Diketahui, Bharada Richard Eliezer akhir-akhir ini memberikan pernyataan yang sangat bertolak belakang dengan keterangan polisi. Di mana sebelumnya disebut-sebut ada adegan tembak menembak antara dirinya dengan Brigadir Yosua di rumah dinas Ferdy Sambo. 

Namun oleh Eliezer hal itu dibantah, ia menyebutkan bahwa tidak ada baku tembak saat peristiwa terjadi. Ketika itu, Bharada E hanya mengaku diperintah oleh atasan untuk melakukan penembakan. 

Baca Juga: Terkuak! Awal Mula Ketahuan Ferdy Sambo Jadi Otak Pembunuhan Brigadir J, Dari Curhatan Bharada E, Saya Menulis Sendiri...

Saat ini, Bharada E sudah diamankan di Rutan Bareskrim Polri. Sementara mantan bosnya, Irjen Ferdy Sambo diamankan sementara di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover