Apa Itu QRIS? Begini Cara Daftarnya!

Apa Itu QRIS? Begini Cara Daftarnya! Kredit Foto: ANTARAFOTO

Di era digital ini, makin banyak bermunculan fitur-fitur baru yang memudahkan kehidupan manusia, salah satunya dalam bertransaksi. Sebelumnya, jenis alat yang digunakan dalam bertransaksi adalah uang tunai, namun lambat laun hal tersebut kian berkembang. Misalnya, menggunakan kartu debit, kredit, atau cek.

Tak hanya itu, saat ini terdapat pula teknologi dalam melakukan transaksi digital, yaitu QRIS yang pada tahun ini penggunana telah mencapai 20,6 juta.

Melansir dari laman Bank Indonesia, Quick Response Code Indonesia Standard atau disingkat QRIS (dibaca kris) adalah upaya menyatukan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaan (PJSP) menggunakan QR Code.

Baca Juga: Memasuki Era Digitalisasi, Indonesia Menuju Masyarakat Cashless?

Perkembangan QRIS dilakukan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia. Hal ini bertujuan agar transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Dengan begitu, penggunaan QRIS wajib diterapkan oleh semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang menggunakan QR Code Pembayaran.

Hal tersebut telah tercantum dalam PADG No.21/18/2019 tentang Implementasi Standar Internasional QRIS untuk Pembayaran.

Tak hanya menyediakan pembayaran digital di pusat perbelanjaan, namun QRIS juga dapat digunakan di seluruh transaksi, mencakup transaksi di warung, parkir, hingga tiket wisata.

QRIS memiliki karakteristik UNGGUL, yaitu:

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini