Saiful Mujani: Koalisi PKB dan Gerindra Tak Dengarkan Aspirasi Masyarakat

Saiful Mujani: Koalisi PKB dan Gerindra Tak Dengarkan Aspirasi Masyarakat Kredit Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Guru Besar Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta Saiful Mujani mengungkapkan bahwa rencana koalisi PKB dan Gerindra tidak mendengarkan aspirasi masyarakat.

Sebagaimana diketahui, PKB dan Gerindra saat ini sedang akrab-akrabnya. Mereka digadang-gadang akan mengusung Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai Capres-Cawapres 2024.

Mujani menilai, jika PKB dan Gerindra benar-benar mengusung Prabowo-Cak Imin, maka mereka tidak mendengarkan aspirasi masyarakat.

Baca Juga: PKB-Gerindra Sudah Kantongi Nama Capres yang Akan Diusung: Pasti Antara Prabowo atau Cak Imin

Sebab, menurutnya, pemilih PKB lebih menginginkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi presiden pada tahun 2024 mendatang.

Hal ini berdasarkan survei SMRC pada buan Mei 2022, dengan hasil 40,7 persen pemilih PKB akan mendukung Ganjar, dan hanya 22 persen yang menginginkan Prabowo Subianto.

"Artinya apa, manuver Cak Imin dan Prabowo ini tidak mencerminkan khendak masyarakat," tegas pendiri Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) ini dalam acara Bedah Politik, Jumat (12/8/2022).

Baca Juga: Saiful Mujani: Gerindra dan PKB Gak Pernah Berkoalisi Selama Ini

Kendati demikian, Saiful Mujani menjelaskan bahwa dalam menentukan arah koalisi sebuah partai akan menggunakan dua model analisis.

Pertama, mendengarkan aspirasi masyarakat atau simpatisan partai. Kemudian yang kedua adalah berdasarkan kemauan elite partai saja.

Baca Juga: Gerindra Gelar Rapimnas untuk Putuskan Prabowo Capres 2024

Sebagai informasi, saat ini Gerindra sedang menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) untuk mendengarkan keputusan Prabowo Subianto apakah akan kembali mencalonkan diri sebagai presiden atau tidak.

Rencananya, Gerindra dan PKB juga akan mendeklarasikan koalisi pada besok hari, Sabtu (13/8) di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: Mata Berkaca-kaca, Kecewa hingga Kesal dengan Ferdy Sambo, Susanto Haris: Ngomongnya Ngegas, Jenderal Udah Bisa Ngegas Senior, Inilah…

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover