Pidato Kenegaraan di Sidang Tahunan MPR RI, Jokowi: Tantangan yang Kita Hadapi Sangat Berat

Pidato Kenegaraan di  Sidang Tahunan MPR RI, Jokowi: Tantangan yang Kita Hadapi Sangat Berat Kredit Foto: Istimewa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan Pidato Kenegaraan 2022 dalam Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR-DPD di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Usai menyapa para hadirin yang hadir, Jokowi langsung mengungkap tantangan berat yang dihadapi Indonesia dan negera lainnya di dunia.

Baca Juga: Kasus Brigadir J, Orang Kepercayaan Rizieq Shihab Ngomel-ngomel ke Komnas HAM dan Kompolnas: Kalian Jadi Lembaga Pesanan Sesuai Kesepakatan!

"Tantangan yang kita hadapi sangat berat. Semua negara, di seluruh dunia, sedang menghadapi ujian. Krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih. Perekonomian dunia belum sepenuhnya bangkit," kata Jokowi.

Selain pandemi, meletusnya perang di Ukraina juga membuat krisis pangan, energi hingga keuangan dunia. Ada 107 negara yang terdampak perang itu.

"Diperkirakan 553 juta jiwa terancam kemiskinan ekstrem, dan 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan dan kelaparan," ungkapnya.

Jokowi bilang ujian ini tidak mudah bagi dunia & Indonesia. Semua ini harus dihadapi dengan kehati-hatiaan dan dengan kewaspadaan.

"Namun, di tengah tantangan yang berat, kita ptut bersyukur, Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini," sebut Jokowi.

Baca Juga: Menggelegar! Sambil Sebut-sebut Kata Sinting dan Idiot, Eks Pejabat Istana Desak Polisi Jadikan Istri Ferdy Sambo Tersangka

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengungkap keberhasilan Indonesia mengendalikan pandemi Covid-19.

Di mana Indonesia termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, dengan 432 juta dosis vaksin telah disuntikkan.

Baca Juga: Mata Berkaca-kaca, Kecewa hingga Kesal dengan Ferdy Sambo, Susanto Haris: Ngomongnya Ngegas, Jenderal Udah Bisa Ngegas Senior, Inilah…

Lihat Sumber Artikel di Fajar Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Fajar. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Fajar.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover