Ma'ruf Amin: Saat Ini Tak Lagi Lawan Penjajah, Tapi Berjuang untuk Pulih Dari Pandemi

Ma'ruf Amin: Saat Ini Tak Lagi Lawan Penjajah, Tapi Berjuang untuk Pulih Dari Pandemi Kredit Foto: Instagram/Maruf Amin

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengajak masyarakat berjuang untuk pulih dari terpaan pandemi Covid-19 dan krisis global.

Hal itu ia sampaikan pada momen Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022) pagi.

“Indonesia sekarang sedang mempersiapkan diri ya mengajak seluruh warga untuk membangun semangat kembali, semangat 45, semangat keikhlasan untuk memenuhi panggilan tanah air,” ujar Ma'ruf Amin.

Baca Juga: Duh, Belasan ASN Tidak Ikuti Upacara HUT RI Gegara Telat

Dia menjelaskan bahwa perjuangan Indonesia saat ini berbeda dengan perjuangan kemerdekaan pada tahun 1945 dahulu. Jika dulu para pahlawan harus berjuang merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, saat ini masyarakat harus berjuang untuk pulih dari terpaan pandemi Covid-19 dan krisis yang melanda dunia.

“Jadi kalau dulu 17 Agustus 1945 itu menghadapi musuh memerdekakan diri, sekarang kita menghadapi dua hal yaitu pemulihan akibat tempaan COVID-19 dan kita akan bersiap menghadapi tantangan baru krisis global, krisis energi, krisis keuangan,” jelasnya.

Baca Juga: SBY Absen Sidang Tahunan MPR dan Upacara Kemerdekaan, Jhon Sitorus Geram: Kekanak-Kanakan!

Ma'ruf pun menyinggung tema peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 RI, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Menurutnya, tema itu dipilih karena ingin mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk mengesampingkan ego pribadi dan kelompok untuk bersama-bersama membangun bangsa.

Ma'ruf Amin bersama istrinya, Ibu Wury Ma’ruf Amin turut ikut Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan.

Pada upacara tersebut, Ma'ruf mengenakan busana adat dari Provinsi Banten. Sementara itu, Ibu Wury tampak anggun memakai kebaya berwarna putih dibalut selendang berwarna hitam dengan motif emas.

Baca Juga: Ma'ruf Amin Sebut Tak Apa-apa Jokowi Gunakan Uang Negara untuk Nikahkan Kaesang, Apa Benar?

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover