Sedang Berlangsung Tahapan Pemilu 2024, Berikut Fakta Terkait Anggaran Dana Pemilu 2024

Sedang Berlangsung Tahapan Pemilu 2024, Berikut Fakta Terkait Anggaran Dana Pemilu 2024 Kredit Foto: Antara/Reno Esnir

Meski pesta demokrasi 2024 masih 2 tahun lagi, namun tahapan pemilu 2024 sedang berlangsung. Saat ini tahapan pemilu sudah memasuki tahapan verifikasi. Meski sedang berjalan namun nyatanya ada kendala yang dihadapi oleh KPU yaitu masalah anggaran. 

Anggaran pemilu 2024 yang cair di tahun 2022 ini tidak turun sepenuhnya dari perjanjian yang telah disepakati oleh KPU, DPR, dan Pemerintah. Bahkan anggaran dana 2022 turun tidak sampai 50% alias terjadi penyesuaian lagi dari Kementerian Keuangan. 

Dengan jumlah dana yang masih kurang, KPU kembali mengajukan anggaran dana lagi agar sesuai dengan kesepakatan dan kebutuhan sebelumnya yang telah dibicarakan. Akhirnya turun surat dengan nomor S-336/AG/AG.5/2022 dari Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan dengan tambahan dana Rp 1,24 triliun. Dengan total dana yang cair di 2022 adalah Rp 3,69 triliun dari yang dijanjikan sebelumnya sebesar Rp 8,06 triliun. 

Tentu dari hal ini juga menjadi perhatian buat DPR dan komisi II DPR untuk mendorong pemerintah untuk segera mencairkan dana yang sebelumnya telah disepakati bersama ke komisi pemilihan umum (KPU). Di luar daripada itu, pemerintah mendukung penuh pemilu 2024 dan mengajak masyarakat untuk mensukses pesta demokrasi tersebut. 

Baca Juga: Geger Kucuran Dana Segar dari Sambo untuk DPR, Orang DPR Langsung Ngegas!

KPU Diminta Memahami Situasi dan Kondisi Keuangan Negara 

Terkait dana anggaran tahapan pemilu 2022 yang hanya cair Rp3,69 triliun dari Rp 8,06 triliun yang dijanjikan membuat Saan selaku Wakil Ketua Komisi II DPR ikut merespon hal ini. Saan menjelaskan, KPU juga harus memahami situasi dan kondisi keuangan negara. Terlebih lagi saat ini baru bangkit dari covid-19. 

Untuk saat ini pun, terkait kebutuhan sarana dan prasarana belum menjadi prioritas pada tahapan pemilu 2024 ini. Dan dihimbau KPU tidak perlu khawatir, dana pemilu 2024 pasti cair di waktu yang tepat. 

Anggaran Dana Pemilu 2023 Untuk KPU dan Bawaslu 

Baca Juga: Pendaftaran Ditutup, KPU: Ada 16 Parpol yang Dokumen Persyaratannya Tidak Lengkap

Selanjutnya, Kementerian Keuangan melalui Sri Mulyani telah memperhitungkan dan memberikan jatah dana anggaran pemilu di tahun 2023 sebesar Rp 14 triliun untuk KPU dan Rp 5,5 triliun untuk Bawaslu. Tentu anggaran ini mengalami kenaikan jika dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya. 

Jumlah dana tersebut adalah dana yang diprediksi seiringan dengan berjalannya tahapan pemilu 2024.  Pun diprediksi anggaran dana pemilu akan melonjak pada saat pemilu di tahun 2024 

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini