Resmi: Bank Indonesia Luncurkan Pecahan Uang Terbaru

Resmi: Bank Indonesia Luncurkan Pecahan Uang Terbaru Kredit Foto: Suaracom

18 Agustus 2022, Bank Indonesia (BI) resmi mengeluarkan pecahan uang terbaru tahun emisi 2022 dari pecahan Rp 1.000 hingga Rp 100.000. Dengan rilisnya pecahan uang terbaru tersebut sah menjadi alat pembayaran di seluruh Indonesia. 

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim dan mengharapkan ridha Allah Yang Maha Kuasa pada hari ini 18 Agustus 2022 saya bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan resmi meluncurkan tujuh pecahan uang rupiah kertas tahun emisi 2022," jelas Perry Warjiyo selaku Gubernur Bank Indonesia. 

Uang rupiah tahun emisi 2022 tetap menggunakan gambaran utama tokoh pahlawan di bagian depan serta bagian belakang menggunakan tema kebudayaan seperti flora, pemandangan alam, dan tarian tradisional. 

Baca Juga: UAS Sebut Indonesia Sudah Merdeka dari Penjajahan Namun Belum Merdeka dari 3 Hal Berikut, Apa Saja?

Baca Juga: UAS Sebut Indonesia Sudah Merdeka dari Penjajahan Namun Belum Merdeka dari 3 Hal Berikut, Apa Saja?

Adapun perbedaan uang rupiah tahun emisi tahun 2022 ini adalah dari sisi warna yang tampil lebih berani, sisi bahan uang yang lebih awet, maupun segi pengamanan yang lebih oke. Pun tujuan diluncurkan uang baru ini untuk lebih mudah dikenalinya dan tidak mudah untuk dipalsukan. 

Namun tak perlu khawatir, uang sebelumnya tetap berlaku dan bagi masyarakat yang ingin menukarkan bisa melalui perbankan atau kas keliling yang disediakan Bank Indonesia.

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini