KPU Gandeng Influencer? Sudah Tepatkah?

KPU Gandeng Influencer? Sudah Tepatkah? Kredit Foto: Warta Ekonomi

Saat ini perkembangan internet semakin luas dan memiliki dampak yang besar, salah satunya perkembangan influencer yang saat ini cukup memiliki pengaruh signifikan terhadap anak-anak muda. 

Influencer atau yang biasa dikenal sebagai selebgram (selebriti instagram) adalah seorang yang memiliki pengaruh cukup besar di kalangan anak muda. Biasanya influencer berasal dari kalangan selebritis, YouTuber, Food Vlogger maupun Public Figure. 

Baru-baru ini dikabarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggandeng influencer untuk meningkatkan keaktifan masyarakat dalam pemilu. 

Baca Juga: Pendaftaran Ditutup, KPU: Ada 16 Parpol yang Dokumen Persyaratannya Tidak Lengkap

Rencana ini akan tertuang dalam peraturan KPU mengenai partispasi masyarakat dalam pemilu 2024. 

"Nanti sejumlah warganet yang misalnya, saya nggak sebut famous tapi ya jaringannya luas, dampaknya signifikan, mungkin bisa ketemu sama kita, ngopi bareng untuk saling berbagi informasi, dan tukar menukar perkembangan," jelas Mellaz selaku Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU RI. 

Baca Juga: KPU Resmi Tutup Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu, 24 Partai Berkasnya Telah Dinyatakan Lengkap!

Media sosial saat ini memang memiliki peranan yang sangat penting terlebih lagi dalam mencari informasi. Masyarakat saat ini cenderung membaca berita di media sosial ketimbang di televisi ataupun koran. Hal ini juga yang menjadi latar belakang KPU menggandeng influencer

Adanya influencer nanti bertugas untuk menyebarkan informasi mengenai pemilu dengan sebenar-benarnya. Serta mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilu 2024. 

Saat ini pun belum ada instrument hukum terkait penggunaan influencer dalam pemilu. Nantinya pun akan dalam bentuk kegiatan edukasi yang dilakukan oleh para influencer

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini