Apa Itu Neopopulisme?

Apa Itu Neopopulisme? Kredit Foto: Reuters/Mariana Bazo

Neo-populisme tidak memiliki definisi yang pasti dikarenakan kemunculan retorika maupun gerakannya bersifat polimorfik. Hal ini dikarenakan neo-populisme tidak hanya bergerak bersama nasionalisme dan neoliberal, namun juga terlibat dalam rekonstruksi sosial-ekonomi.

Beberapa akademisi mendefinisikan neo-populisme sebagai ideologi turunan dan dangkal daripada menjadi ideologi yang independen dan mendalam.

Neo-populis bekerja dalam batas-batas kendala fiskal daripada mengejar kebijakan sosial yang ekspansif. Sehingga, target neo-populisme cenderung pada mereka yang dirampas atau mereka yang paling tidak dilibatkan dalam kehidupan ekonomi dan politik nasional.

Kebangkitan kekuatan neo-populisme di negara-negara maju bergantung pada seruan retorika demokrasi liberal dan nasionalisme yang merupakan matriks negara. Istilah neo-populisme juga didefinisikan sebagai gerakan budaya dan politik terutama di negara-negara Amerika Latin.

Baca Juga: Partai Buruh Bangkit, Mardani: PKS Siap Bekerja Sama dan Berkompetisi

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa neo-populisme merupakan refleksi dari keinginan rakyat dalam gerakan atau gaya kepemimpinan yang bersifat politis untuk mereformasi kondisi sosio-ekonomi saat itu walaupun preskripsinya melibatkan momentum negatif terutama dalam nasionalisme yang eksklusif.

Dalam kaitan sejarahnya, neo-populisme muncul sebagai tren politik yang terkenal di sekitar pertengahan tahun 1990-an terutama pasca kejatuhan Tembok Berlin pada 1989. Selanjutnya, disusul oleh runtuhnya Uni Soviet pada 1991 dan momentumnya tetap berpengaruh sejak resesi global pada 2007 hingga 2008.

Kebangkitan dari neo-populisme juga disebabkan oleh kelanjutan globalisasi yang membawa reformasi struktur sosial-ekonomi tradisional di setiap negara.  Pengaruh dari globalisasi neoliberal pun memunculkan erupsi neo-populisme di seluruh dunia sesuai dengan karakteristik masing-masing negaranya.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini