Waspada! Virus Cacar Monyet Sudah Masuk di Indonesia, Jokowi: Segera Sediakan Vaksin Cacar Monyet

Waspada! Virus Cacar Monyet Sudah Masuk di Indonesia, Jokowi: Segera Sediakan Vaksin Cacar Monyet Kredit Foto: Republika

Indonesia kembali digegerkan dengan kehadiran virus baru, cacar monyet atau monkeypox. Pasalnya satu orang terdeteksi cacar monyet pada pria asal Indonesia dengan usia 27 tahun. Pria tersebut diketahui habis melakukan perjalanan keluar negeri. Pria yang tidak disebutkan namanya merupakan pasien pertama yang terpapar cacar monyet.

Sebelumnya, cacar monyet adalah jenis penyakit dunia yang disebabkan oleh virus yang berasal dari Afrika Barat. Cacar monyet pun juga termasuk kedalam penyakit langka dan serupa dengan virus yang menyebabkan cacar.

Lebih lanjut, adapun beberapa gejala yang timbul ketika Anda terkena cacar monyet yaitu:

  • Menggigil
  • Demam
  • Kepala sakit
  • Flu
  • Hingga adanya pembengkakan kelenjar getah bening

Pun setelah beberapa hari akan muncul benjolan merah berisi nanah yang kemudia melepuh dan berkerak. Proses gejala cacar monyet pada setiap orang beda-beda namun umunya sekitar 2 hingga 4 minggu.

Baca Juga: Cacar Monyet Menyebar Lewat Pakaian, Benarkah?

Atas hal ini, Presiden Jokowi langsung mengambil tindakan untuk mencegah tersebarnya virus cacar monyet lebih luas yaitu dengan meminta Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan untuk dengan segera menyediakan vaksin cacar monyet atau monkeypox.

Selain itu, Jokowi juga meminta untuk perketat gerbang-gerbang kedatangan dari luar negerti dan tempat yang memiliki interaksi tinggi.

Masyarakat dihimbau agar tidak panik, karena penularan virus cacar monyet ini adalah melalui kontak langsung bukan melalui cairan yang dikeluarkan melalui mulut baik saat bersin atau batuk (droplet).

Baca Juga: Di Seluruh Dunia Sedang Dilanda Ancaman Cacar Monyet, Berikut Gejala dan Cara Pencegahannya, Simak!

Untuk masyarakat kelahiran 1980 kebawah ternyata telah terproteksi dari virus cacar monyet. Hal ini karena masyarakat kelahiran tahun tersebut telah memiliki antibodi yang cukup kuat untuk melawan virus tersebut meski tidak 100%.

Menurut Menteri Kesehatan masyarakat kelahiran tahun 1980 kebawah telah mendapatkan vaksinasi cacar air yang berlaku seumur hidup.

Pun Indonesia akan impor vaksin cacar monyet. Sekiranya nanti akan ada 10.000 dosis vaksin pertama cacar monyet untuk masyarakat. Langkah ini sudah tepat supaya persebaran virus cacar monyet bisa diminimalisir.

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini