Antigen-PCR Dihapus, Booster Jadi Syarat Naik Transportasi Umum

Antigen-PCR Dihapus, Booster Jadi Syarat Naik Transportasi Umum Kredit Foto: Antara/Fikri Yusuf

Pemerintah mengeluarkan kebijakan baru untuk menghapus PCR dan Antigen sebagai syarat perjalanan transportasi umum baik transportasi darat maupun udara. Sebagai gantinya, kini vaskin booster menjadi syarat wajib perjalanan menggunakan transportasi umum. 

Aturan ini tertuang dalam surat Edaran Nomor 24 Tahun 2022 mengenai Ketentuan Perjalanan Orang dalam Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang diteken oleh ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto pada 25 Agustus 2022. 

Baca Juga: Ini Dia! Jenis Vaksin Booster Kedua untuk Masyarakat

Di sini, masyarakat wajib mendownload aplikasi PeduliLindungi sebagai ganti PCR dan Antigen ketika berpergian menggunakan transportasi umum. Aturan ini pun berlaku untuk usia 18 tahun ke atas. Bukan hanya itu, bagi WNA (Warga Negara Asing) yang ingin berpergian setidaknya wajib sudah vaksin dosis kedua. 

Sedangkan untuk anak dibawah umur (usia 6-17 tahun) juga diwajibkan untuk minimal mendapatkan vaksin dosis kedua. Lain halnya dengan anak usia 6 tahun ke bawah, tidak diwajibkan vaksin namun wajib didampingi orang tua yang telah memenuhi syarat vaksinisasi. 

Baca Juga: Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo: Kita Dukung Booster Kedua untuk Para Nakes, Tapi Saya Ingatkan...

Lalu untuk masyarakat yang memiliki penyakit khusus yang menyebabkan tidak bisa melakukan vaksin, wajib melampirkan surat keterangan dokter yang menyebabkan tidak bisa melakukan vaksin. 

Jadi, diharapkan masyarakat yang belum melakukan vaksin booster untuk segera melakukan vaksin. Hal ini juga demi kebaikan untuk semua agar mobilitas menggunakan transportasi umum tetap nyaman dan aman. 

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini