Kabar gembira! Indovac dan Inavac Resmi Jadi vaksin Covid-19 Buatan Indonesia

Kabar gembira! Indovac dan Inavac Resmi Jadi vaksin Covid-19 Buatan Indonesia Kredit Foto: Rakyat Merdeka

Vaksin buatan Indonesia yang dinanti-nanti akhirnya muncul. Terdapat dua vaksin yang akan dirilis yaitu Indovac dan Inavac, keduanya masih dalam proses uji klinis tahap akhir.

Nama kedua vaksin tersebut diberikan oleh Presiden Jokowi

"Saya ikut bangga untuk Indonesia. Vaksin pertama Indovac untuk vaksin BUMN, dan kedua adalah Vaksin Merah Putih dengan platform inactivated virus, namanya Inavac dan sudah disetujui Presiden juga," kata Penny K Lukito selaku Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI yang telah dilansir dari berbagai sumber. 

Saat ini, vaksin tersebut masih pada tahap ketiga uji klinis, sehingga masih belum diizinkan untuk penggunaannya. Namun diharapkan bisa segera selesai di bulan September 2022, setidaknya mendapat izin penggunaan darurat (EUA) dari BPOM RI. 

Baca Juga: Peluncuran Vaksin Anak Bangsa akan Jadi Kado Terbaik Kemerdekaan RI, Ini Alasanya.

Vaksin buatan dalam negeri ini juga memiliki manfaat yang bagus, di antaranya adalah bisa meningkatkan imunitas dan sebagai daya tahan tubuh untuk mencegah penyakit. 

Pun, untuk vaksin Indovac BUMN dan vaksin Merah Putih (Inovac) dikembangkan oleh Universitas Airlangga bersama PT Biotis.

Vaksin Indovac berplatform protein rekombinan sub-unit dikembangkan oleh Lembaga Biologi Molekuler Eijkman bersama PT Bio Farma dan Baylor College of Medicine. Sedangkan Vaksin Inavac berplatform inactivated virus dikembangkan oleh Tim Peneliti dari Universitas Airlangga (Unair) bekerja sama dengan penyedia fasilitas produksi PT Biotis Pharmaceutical Indonesia.

Baca Juga: Ini Dia! Jenis Vaksin Booster Kedua untuk Masyarakat

Fase ketiga uji klinik dua vaksin dalam negeri itu juga diiringi dengan pemberian izin kegiatan uji klinik untuk vaksin booster atau dosis penguat. "Uji klinik booster sudah disetujui untuk dilakukan akhir tahun ini. Sehingga program vaksinasi booster dengan vaksin dalam negeri bisa selesai sebelum akhir tahun," terang Penny. 

Lantas, apakah vaksin ini gratis atau berbayar? 

Vaksin ini akan diberikan gratis kepada seluruh masyarakat Indonesia. Namun jika di tahun depan, Indonesia memasuki masa endemi atau tidak ada lagi virus covid-19 maka vaksin ini berbayar sebesar Rp 100.000

Vaksin Indovac nantinya akan diperuntukkan untuk vaksin dosis ketiga (booster). Anak-anak pun juga turut akan mendapatkan vaksin ini sebagai vaksin penguat. 

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Populis Discover

Terkini