Resmi: Tarif Ojol Batal Naik Hari Ini

Resmi: Tarif Ojol Batal Naik Hari Ini Kredit Foto: Suara.com

Hari ini (29/08) tarif ojek online atau ojol batal naik hari ini atau menunda kenaikan tarif. Hal ini disampaikan oleh Adita Irawati selaku Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang menjelaskan bahwa penundaan kenaikan tarif dilakukan karena masih mempertimbangkan situasi maupun kondisi yang terjadi di masyarakat.

Selain itu, penundaan kenaikan ini dilakukan juga untuk mendapatkan masukan dan saran dari berbagai kalangan termasuk didalamnya pemangku kepentingan yakni pakar transportasi untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Hingga saat ini, belum dapat dipastikan penundaan ini akan berlangsung sampai kapan. 

Baca Juga: Ojol Mentah-mentah Tolak Beli BBM Pakai Aplikasi: Ribet, Repot, Gak Setuju! Kecuali Mobil-mobil Terserahlah

Sebelumnya, pemerintah memang berencana untuk menaikkan tarif ojek online (ojol). Tarif ojol ini akan berlaku untuk pengiriman barang, pengiriman makanan, dan pengiriman lainnya yang juga berlaku untuk penumpang. 

Kebijakan ini sebelumnya telah ditetapkan pada tanggal 04 Agustus 2022 melalui keputusan Kementerian Perhubungan. Untuk kemudian, kebijakan ini akan berlaku pada hari ini 29 Agustus 2o22. 

Kenaikan tarif ojol ini akan berlaku di tiga zonasi yaitu Jabodetabek, di luar Jabodetabek (Sumatera-Jawa), dan Kalimantan-Sulawesi-Maluku-Nusa Tenggara-Papua.

Baca Juga: Bos Besar Judi Online Ditangkap di Malang, Ternyata Seorang Ustaz?

Adapun rincian tarif ojol yang telah dilansir dari berbagai sumber:

  • Adapun untuk Besaran Biaya Jasa Zona I (di luar  Sumatera-Jawa) yaitu biaya jasa batas bawah sebesar Rp 1.850 per km, biaya jasa batas atas sebesar Rp 2.300 per km, dan biaya jasa minimal dengan rentang biaya jasa antara Rp 9.250-11.500.
  • Sementara Besaran Biaya Jasa Zona II (Jabodetabek) yaitu biaya jasa batas bawah sebesar Rp 2.600 per km, biaya jasa batas atas sebesar Rp 2.700 per km, dan biaya jasa minimal dengan rentang biaya jasa antara Rp 13.000-13.500.
  • Untuk Besaran Biaya Jasa Zona III (Kalimantan-Sulawesi-Maluku-Nusa Tenggara-Papua) yaitu biaya jasa batas bawah sebesar Rp 2.100 per km, biaya jasa batas atas sebesar Rp 2.600 per km, biaya jasa minimal dengan rentang biaya jasa antara Rp 10.500-13.000.

Dengan peningkatan tarif ini diharapkan pelayanan yang diberikan oleh ojek online semakin maksimal dan dapat sesuai dengan prosedur yang berlaku. 

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini